Warga Kecamatan Doreng Rindukan Kehadiran SMAN, 2 Legislator Ini Beri Harapan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga Kecamatan Doreng Rindukan Kehadiran SMAN, 2 Legislator Ini Beri Harapan


TURUN KE DESA. Dua anggota DPRD Sikka, Wenseslaus Wege dan Bernadus Kardiman didampingi Kades Nenbura, Petrus Petu saat bertemu masyarakat Kecamatan Doreng, di Desa Nenbura, tepatnya di Desa Persiapan Mahe Tana, Selasa (9/3) lalu. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Warga Kecamatan Doreng Rindukan Kehadiran SMAN, 2 Legislator Ini Beri Harapan


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Warga masyarakat Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka merindukan kehadiran satu sekolah menengah atas negeri (SMAM) di wilayah itu. Kerinduan itu diungkapkan masyarakat saat pertemuan bersama dua anggota DPRD Sikka, yakni Bernadus Kardiman, SH., dan Wenseslaus Wege, S.Fil, di Desa Nenbura, tepatnya di Desa Persiapan Mahe Tana, Selasa (9/3) lalu.

Kepala Desa Nenbura, Petrus Petu menjelaskan, kunjungan dua orang anggota DPRD Sikka itu dapat memberikan harapan baru bagi warga masyarakat Kecamatan Doreng, khususnya Desa Nenbura dan Desa Persiapan Mahe Tana.

“Kami berharap kunjungan dua orang anggota DPRD Sikka dapat memberikan harapan baru untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat di Kecamatan Doreng,” harap Petrus.

Menurut Petrus, masyarakat setempat selama ini mengharapkan adanya satu SMA di wilayah itu agar anak-anak mereka bisa menjangkau. Jika SMA ini hadir, minimal mengurangi beban masyarakat Desa Nenbura dan Desa Persiapan Mahe Tana akan berbagai persoalan yang dihadapi selama ini, yakni listrik, jalan, dan air.

Apa yang menjadi harapan warga Doreng itu mendapat respon dua legislator DPRD Sikka yang hadir bertemu masyarakat setempat.

Anggota DPRD Sikka, Bernadus Kardiman mengaku sangat peduli atas hak-hak dasar masyarakat. Salah satu diantaranya adalah di bidang pendidikan.

Kardiman mengaku bahwa ia telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT terkait usulan pembangunan SMAN 1 Doreng. Menurutnya, bidang pendidikan tingkat provinsi telah menyetujui pembangunan SMAN 1 Doreng untuk memudahkan pelayanan pendidikan bagi anak-anak di Kecamatan Doreng. Bahkan, kata Bernadus, pihak Dinas P & K NTT menyarankan agar menyiapkan lahan dan sertifikat tanah untuk diserahkan kepada dinas pendidikan provinsi sebagai bentuk keseriusan mendukung pembangunan SMAN di wilayah itu.

“Kami sudah bertemu dan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan tingkat provinsi. Hasilnya menyetujui pembangunan SMAN 1 Doreng. Namun harus mengikuti beberapa persyaratan, diantaranya memiliki lahan dan rela menyerahkan sertifikat tanah kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT,” ungkap Bernadus.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Sikka lainnya, Wenseslaus Wege. Menurutnya, Dinas P dan K NTT telah menyarankan untuk menerima siswa baru di SMAN 1 Doreng yang berada didusun Wukak Gahar, Desa Persiapan Mahe Tana. Namun harus memenuhi syarat diantaranya memiliki lahan kurang lebih dua hektare.

“Saat kami berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi, hasilnya disetujui untuk membangun SMAN 1 Doreng yang berada di Dusun Wukak Gahar. Namun harus memenuhi syarat, diantaranya memiliki lahan. Saat ini kita sudah memiliki lahan. Kita membangun dulu bangunan darurat agar siswa bisa mulai sekolah,” pinta Wenseslaus.

Wenseslaus menyatakan, terkait pembangunan SMAN 1 Doreng itu, ia akan kembali berkoordiansi dengan pihak Dinas P & K NTT saat mengikuti Bimtek pada 1 – 7 April mendatang di Kupang.

“Di Kecamatan Doreng harus ada satu sekolah menengah seperti halnya sekolah menengah lainnya di wilayah di Kabupaten Sikka,” kata Wenseslaus.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Nenbura, Ruben Sergius berharap agar pembangunan SMAN 1 Doreng segera terealisasi, sebab sebelumnya pernah dibatalkan pada 2017, dimana ketika itu pernah menerima siswa baru sebanyak 40 orang.

“Namun dibatalkan lantaran ada dualisme kepanitiaan. Kami harapkan SMAN 1 Doreng harus terlaksana, dan tidak boleh dibatalkan seperti yang terjadi pada tahun 2017,” harap Ruben. (Kr5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top