Pemkab Rote Ndao Mulai Vaksinasi Pelayan Publik, Siagakan 3 Tim Vaksinator di Kantor Bupati | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab Rote Ndao Mulai Vaksinasi Pelayan Publik, Siagakan 3 Tim Vaksinator di Kantor Bupati


VAKSINASI. Direktur RSUD Ba'a, Widyanto P. Adhy menjalani vaksinasi dosis pertama tahap satu, setelah dicanangkan Bupati Rote Ndao, di Puskesmas Ba'a, Rabu (10/2) lalu. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab Rote Ndao Mulai Vaksinasi Pelayan Publik, Siagakan 3 Tim Vaksinator di Kantor Bupati


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao melaksanakan vaksinasi terhadap para pelayan publik mulai Sabtu (13/3). Sebanyak 192 sasaran ditargetkan untuk menjalani vaksinasi di setiap Kecamatan. Selanjutnya akan dilakukan secara terpusat di Kantor Bupati Rote Ndao, yang dilayani oleh tiga tim vaksinator.

Secara keseluruhan, sasaran penerima vaksin tahap dua ini ditargetkan kepada 880 penerima. Teknis pelaksanaanya dilakukan oleh dua pos pelayanan, yakni pos pelayanan pertama di sarana kesehatan/Puskesmas di wilayah kecamatan masing-masing, dan pos kedua di kantor bupati.

Sebanyak 192 sasaran yang dilakukan di tingkat kecamatan secara serentak telah dilakukan pada Sabtu (13/3), tepatnya di 11 dari 12 Puskesmas yang tersebar di Rote Ndao. Selanjutnya, sebanyak 688 sasaran penerima vaksin akan dilayani selama seminggu, dimulai Senin (15/3) hingga Senin (22/3) mendatang.

Pelayan publik yang menjadi target vaksinasi oleh Dinas Kesehatan Rote Ndao mencakup empat institusi. Yakni Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Camat, anggota Kepolisian di setiap Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil) serta anggota TNI angkatan Laut (Lanal).

“Hari ini, Sabtu (13/3) dimulai pelaksanaan tahap dua. Pelaksanaanya mulai dilakukan di setiap Kecamatan, dengan target penerima vaksin sebanyak 192 pelayan publik, seperti pegawai di kantor camat, anggota Polsek, Koramil, dan Lanal,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, dr. Feby Riwu, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Eden Bell kepada TIMEX, di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Ba’a, Sabtu (13/3).

Dalam salinan surat pemberitahuan pelaksanaan vaksinasi oleh Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Rote Ndao tertanggal 10 Maret 2021, yang diterima Timor Express, Sabtu (13/3) memuat jadwal, target, serta tempat pelaksanaan vaksinasi tahap kedua.

Sasaran target yang ditetapkan tersebar di 11 kecamatan, yakni, Kecamatan Rote Timur ditargetkan sebanyak 24 orang, Landu Leko (8 orang), dan masing-masing 16 orang untuk wilayah Pantai Baru, Rote Tengah, dan Rote Selatan. Selanjutnya, di Kecamatan Lobalain (24 orang), 16 orang di Kecamatan Rote Barat Laut dan Rote Barat, begitu juga jumlah 8 orang yang ditargetkan untuk Kecamatan Loaholu dan Ndao Nuse. “Target penerima vaksin terbanyak berada di Kecamatan Rote Barat Daya, yang berjumlah 40 orang,” kata Eden.

Menurutnya, jumlah tersebut berasal dari pimpinan dan para ASN di Kantor Camat Rote Barat Daya, dan anggota Polsek dan Lanal, yang ditargetkan masing-masing sebanyak 8 orang. Totalnya sebanyak 24 orang. Kemudian anggota Koramil targetnya sebanyak 16 orang.

Pantauan Timor Express, di Puskesmas Lobalain, Sabtu (13/3), selain melakukan vaksinasi tahap kedua kepada pelayan publik, pelaksanaan vaksin tahap pertama pun masih dilakukan. Jumlahnya sebanyak 14 tenaga medis yang belum menjalani vaksinasi dosis kedua pada pelaksanaan vaksin tahap pertama.

“Dilakukan sekaligus terhadap 14 Nakes di sini (Puskesmas Lobalain). Tetapi mereka dosis kedua pada vaksin tahap pertama,” katanya.

Sedangkan terhadap jumlah vaksin, diketahui, sebanyak 24 vial yang telah didistribusikan untuk melakukan vaksinasi terhadap jumlah target di setiap Kecamatan. Dimana, setiap vial tersebut, terdapat 8 dosis, yang diperuntukan untuk 192 orang.

Dari jumlah vaksin tersebut, tersisa 86 vial yang selanjutnya akan dilakukan untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap 688 sasaran berikutnya.

Selain itu, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini, khusus untuk pos pelayanan dua yang berpusat di kantor Bupati Rote Ndao akan dilakukan oleh tiga tim vaksinator. Dengan pembagian tempatnya, tim pertama melakukan pelayanan di ruang lobby, tim dua di ruang Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) dan tim ketiga di lantai tiga kantor tersebut.

“Pos pelayanan di kantor bupati, mulai dilakukan pada Senin (15/3). Karena target sasaranya banyak, sehingga tiga tim vaksinator disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi,” katanya.

Untuk diketahui, vaksin tahap dua yang dijatah bagi kebutuhan Rote Ndao tiba Selasa (9/3), dan diterima Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu. Turut mendampingi Wakil Bupati Stefanus M. Saek. Distribusi vaksin ini mendapat pengawalan ketat aparat TNI/Polri. Vaksin yang berjumlah 110 vial itu disimpan di gudang farmasi Dinkes Rote Ndao. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top