Sudah 8.217 Warga Kota Ikut Vaksin, Dinkes Evaluasi Pelayanan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sudah 8.217 Warga Kota Ikut Vaksin, Dinkes Evaluasi Pelayanan


VAKSINASI. Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji saat menerima suntikan vaksin Sinovac di RSUD S. K. Lerik Kupang Januari 2021 lalu. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Sudah 8.217 Warga Kota Ikut Vaksin, Dinkes Evaluasi Pelayanan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang mencatat, sejauh ini sudah ada 8.217 orang yang menjalani program vaksinasi Covid-19. Jumlah ini merupakan bagian dari target sasaran vaksinasi sebanyak 11.076 orang, termasuk warga lanjuti usia (Lansia) dan pekerja atau pelayan publik.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsih, kepada media ini Minggu (14/3) menjelaskan, secara umum progres dan respon masyarakat sangat baik menyambut program vaksinasi Covid-19. Program ini dapat diukur dengan antusiasnya masyarakat datang ke 26 fasilitas kesehatan di Kota Kupang untuk menerima vaksin.

Sri menyebutkan, dosis pertama vaksin untuk tenaga kesehatan sebanyak 4.151 orang, dan dosis kedua sebanyak 2.996 orang.

Selain itu, vaksinasi untuk lansia dengan target vaksin tahap 2 ini sebanyak 10.139 orang, dan sampai dengan tanggal 13 Maret, lansia yang sudah mendapat vaksin sebanyak 2.478 orang.

Sementara pekerja/pelayan publik sebanyak 937 orang. Masyarakat yang bekerja di sektor pelayanan publik yang dilayani Dinkes Kota Kupang melalui Puskesmas dan Rumah Sakit sebanyak 1.479 orang, dan yang dilayani oleh tim provinsi dalam hal ini Dinkes NTT dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebanyak 3.864 orang.

“Jadi untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat yang bekerja pada bidang atau sektor pelayanan publik, Pemerintah Provinsi NTT berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Kupang, TNI dan Polri, untuk memberikan pelayanan vaksinasi,” kata Sri.

Masih menurut dia, minggu ini Dinkes Kota Kupang akan melakukan evaluasi, untuk melihat animo masyarakat atau lansia sebagai sasaran penerima vaksin.

“Jadi dosis vaksin yang diterima oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang sebanyak 9.900 dosis, dan sasaran yang sudah terdata sebanyak 11.000 lebih, dan Dinas Kesehatan akan melakukan evaluasi untuk pelayanan vaksinasi tahap kedua yang telah dilakukan ini,” katanya.

Menurut Sri, Dinkes Kota Kupang juga akan mengusulkan tambahan vaksinasi ke Dinkes NTT, karena saat ini yang sudah terdaftar untuk menerima vaksin mencapai 30 – 50 ribu orang. “Jadi vaksinasi ini akan terus dilakukan atau dilayani secara bertahap,” ujarnya.

Dikatakan, vaksinasi Covid-19 ini mempunyai masa expired yang pendek sehingga harus segera digunakan dalam waktu yang telah ditetapkan, sehingga dinas juga tidak bisa melakukan permintaan dalam jumlah yang banyak, tetapi permintaan harus disesuaikan dengan kemampuan pelayanan di semua fasilitas kesehatan yang ada. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top