Prabowo Putus Bebas Jonas Salean, JPU: Hari Ini juga Kami Kasasi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Prabowo Putus Bebas Jonas Salean, JPU: Hari Ini juga Kami Kasasi


BERI HORMAT. Jonas Salean saat memberi hormat kepada JPU usai persidangan dengan agenda pembacaan putusan yang hasilnya Jonas dinyatakan bebas dari dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang, Rabu (17/3). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Prabowo Putus Bebas Jonas Salean, JPU: Hari Ini juga Kami Kasasi


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Mantan Wali Kota Kupang, Jonas Salean, SH., M.Si tampak sumringah usai menghadiri persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kupang, Rabu (17/3). Bagaimana tidak, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Kupang, Ari Prabowo memutus bebas Jonas Salean selaku terdakwa dalam perkara dugaan korupsi bagi-bagi tanah kavling Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tahun 2016-2017.

Dalam persidangan dengan agenda pembacaan putusan untuk terdakwa Jonas Salean itu, hakim Ari Prabowo, didampingi hakim anggota Nggilu Liwar Awang dan Ibnu Kholid.

Pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi NTT hadir Hendrik Tiip, Herry C. Franklin, dan Emerensiana Jehamat. Sementara Jonas Salean hadir didampingi penasihat hukumnya, yakni Yanto MP Ekon, Mel Ndaomanu, Jhon Rihi, Benyamin Rafael, dan rekan penasihat hukum lainnya.

Saat membacakan putusan, Ketua Majelis Hakim Ari Prabowo menyatakan bahwa setelah memperhatikan bukti-bukti dan fakta selama persidangan, terdakwa Jonas Salean terbukti tidak bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sesuai yang didakwakan dalam dakwaan primer dan subsider. Karena itu, lanjut Prabowo, terdakwa dibebaskan dari dakwaan primer dan Subsidair tersebut.

Prabowo melanjutkan, bahwa oleh karena terdakwa dibebaskan dari dakawaan, maka nama baik serta harkat dan martabatnya harus dipulihkan. “Bahwa oleh karena terdakwa tidak terbukti sebagaimana dalam dakwakan, maka diperintahkan terdakwa harus dibebaskan dari tahanan setelah putusan ini diucapkan,” kata majelis hakim.

BACA JUGA: Bacakan Duplik, Jonas Salean tetap Minta Bebas dan Pulihkan Martabatnya

Dalam putusan itu, majelis hakim juga menyatakan bahwa barang bukti nomor 1 sampai dengan 200 masih diperlukan sebagai barang bukti dalam perkara lain atas nama terdakwa Thomas More, maka semua barang bukti dikembalikan ke Penuntut Umum untuk dijadikan barang bukti dalam perkara atas nama Thomas More. “Biaya perkaraa dibebankan kepada negara,” demikian keputusan hakim.

Usai majelis hakim membacakan amar putusan, penuntut umum melalui jaksa Herry C. Franklin dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya tidak menerima keputusan itu.

“Kami dari penuntut umum tidak menerima putusan ini. Hari ini juga (Rabu, 17/3, Red) dan saat ini dalam persidangan yang terbuka untuk umum, kami mengupayakan kasasi,” tandas Herry.

Menyikapi upaya hukum yang bakal ditempuh JPU, Ketua Majelis Hakim, Ari Prabowo meminta penuntut umum untuk langsung ke bagian Tipikor guna mencatat akta kasasi.

Prabowo dalam persidangan itu menambahkan bahwa jaksa menggunakan haknya untuk melakukan upaya hukum kasasi. “Keputusan ini belum berkekuatan hukum tetap,” jelas Prabowo. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top