Tinjau Lokasi TMMD di TTU, Tim Wasev Apresiasi Realisasi Fisik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau Lokasi TMMD di TTU, Tim Wasev Apresiasi Realisasi Fisik


TINJAU LOKASI. Ketua Tim Wasev TMMD 110, Kolonel Inf Hartono didampingi Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi melakukan pemeriksaan fisik pekerjaan program TMMD di lapangan, Selasa (16/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tinjau Lokasi TMMD di TTU, Tim Wasev Apresiasi Realisasi Fisik


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev), Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) yang dipimpin Kolonel Inf. Hartono dan Kapten Arm Erik memberikan apresiasi kepada Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi saat meninjau langsung pelaksanaan TMMD ke-110 Kodim 1618/TTU di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu, Selasa (16/3).

Pasalnya, progres fisik pembangunan di lapangan dari dua sasaran kegiatan fisik TMMD 110 tersebut sangat menggembirakan dan signifikan melampaui target yang ditentukan sebelumnya.

Pantauan media ini, Selasa (16/3), sebelum meninjau lokasi TMMD, Kolonel Inf. Hartono dan tim didampingi Letkol Roni Junaidi menghadiri aksi sosial peduli Covid-19 oleh Kodim 1618/TTU. Aksi sosial yang dilaksanakan berupa pembagian sembako kepada warga kurang mampu itu dilaksanakan di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu.

Kolonel Inf Hartono kepada sejumlah awak media di lokasi TMMD 110 mengatakan, kedatangan pihaknya adalah untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi. Tujuannya untuk melihat secara langsung rencana dan pelaksanaan TMMD di lapangan.

Dikatakan, program TMMD merupakan suatu program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam program TMMD dilaksanakan program fisik dan non fisik.

Untuk program fisik, kata Kolonel Hartono, sasaran kegiatan fisik merupakan masukkan atau bottom up dari masyarakat di tingkat bawah seperti pembangunan jalan, jembatan, atau gedung sekolah. Sasaran fisik ditentukan berdasarkan skala prioritas.

Sementara kegiatan non fisik, lanjut Kolonel Hartono, kegiatan non fisik merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti sosialisasi kesadaran bela negara, penyuluhan kesehatan, pertanian, dan kegiatan pemberdayaan lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kedatangan kami ini untuk melihat pelaksanaan TMMD ke-110 dan Hasilnya sangat bagus dan menggembirakan baik itu untuk kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik,” ungkap Kolonel Hartono.

Kolonel Hartono menambahkan, kegiatan fisik maupun non fisik yang dilaksanakan melalui program TMMD 110 dari Kodim 1618/TTU semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Kolonel Hartono, kesuksesan pelaksanaan kegiatan TMMD 110 tersebut tak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah dalam mengalokasikan anggaran dan juga partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan di lapangan.

BACA JUGA: Bupati TTU dan Forkopimda Tinjau Sasaran TMMD 110, Ini Harapan David Djuandi

“Semuanya tidak bisa berjalan tanpa dukungan dari instansi atau masyarakat setempat. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab TTU yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan bisa menunjang kesejahteraan dan berkaitan dengan ketahanan nasional sehingga tujuan nasional kita bisa tercapai,” pungkasnya.

Sementara, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi mengatakan dalam pemilihan sasaran TMMD, pihaknya menggunakan tiga aspek pertimbangan, yakni aspek aspiratif, aspek strategis, dan aspek prioritas.

Dikatakan, berdasarkan aspek aspiratif, pihaknya mendengarkan aspirasi masyarakat di tingkat bawah mulai dari kepala desa, camat, hingga musrembang di tingkat kabupaten.

Untuk aspek strategis, Kodim 1618/TTU bertumpu pada pentingnya pengembangan sumber daya manusia. Sementara aspek prioritas mempertimbangkan sasaran yang benar-benar butuh perbaikan.

“Memang kami memiliki beberapa sasaran pada saat itu, ada pembangunan kapela, jalan dan pembangunan lain, tetapi kami melihat SD Manune ini dibangun dari tahun 2014 sampai sekarang belum memiliki fasilitas pendidikan yang layak. Itulah yang menjadi prioritas kami, sehingga dengan aspek strategis prioritas dan aspiratif ini menentukan sasaran TMMD ke -110,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Motadik, Ambrosius Ulu Aman mengatakan pemerintah dan masyarakat Desa Motadik mendukung penuh pelaksanaan TMMD ke-110 di desanya. Bentuk dukungan dengan melibatkan seluruh masyarakat dalam pelaksanaan TMMD tersebut.

Dikatakan, pihaknya juga sangat berterima kasih kepada TNI melalui Kodim 1618/TTU yang telah membantu pembangunan SD Negeri Manune serta melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat di desa tersebut.

“Sekolah ini dibangun tahun 2014, setiap kali musrembangdus, musrembangdes, musrembangcam, sampai di tingkat kabupaten kita naikkan, tapi mungkin ketersediaan dana dari kabupaten tidak memenuhi. Baru TMMD ini sangat menjawab kebutuhan masyarakat akan adanya gedung sekolah,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top