SN-KT Menang Sengketa Pilkada Malaka, SBS: Kita Bertemu Lagi 2024 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

SN-KT Menang Sengketa Pilkada Malaka, SBS: Kita Bertemu Lagi 2024


PASLON TERPILIH. Paslon Bupati-Wabup Malaka, Simon Nahak dan Loise Lucky Taolin (SN-KT). (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

SN-KT Menang Sengketa Pilkada Malaka, SBS: Kita Bertemu Lagi 2024


MK Tolak Gugatan SBS-WT

BETUN, TIMEXKUPANG.com-Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyidangkan sengketa Pilkada Malaka yang diajukan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati, Stefanus Bria Seran-Wendelinus Taolin (SBS-WT), memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan calon bupati petahana itu. Putusan atas sengketa Pilkada Malaka ini dilakukan majelis hakim konstitusi dalam persidangan yang berlangsung Kamis (18/3) siang.

Dengan putusan ini, maka pemenang Pilkada Malaka untuk periode 2021-2023 adalah paslon nomor urut 1, Dr. Simon Nahak, SH., MH., M.Hum., dan Loise Lucki Taolin (SN-KT).

Usai mendengar pembacaan putusan oleh MK, cabup petahana yang menjadi pemohon dalam sengketa Pilkada Malaka ini, yakni dr. Stefanus Bria Seran, MPH menyampaikan ucapan selamat kepada Simon Nahak-Louise L. Taolin (SN-KT) sebagai pemimpin baru Rai Malaka.

“Tadi kita sudah saksikan bersama bahwa MK sudah memutuskan sengketa Pilkada Malaka yang kita ajukan. Dan kita percaya bahwa apa yang diputuskan MK hari ini adalah yang terbaik untuk Malaka dan untuk kita semua. Terkait itu, kami ucapkan profisiat dan selamat bekerja kepada calon SN-KT. Ya, provisiat dan selamat bekerja,” ungkap SBS ketika dikonfirmasi wartawan usai sidang pembacaan putusan Sengketa Pilkada Malaka di MK, Kamis (18/3).

SBS menegaskan, sebagai anak Malaka, pihaknya akan tetap mengawal proses pembangunan di kabupaten bungsu di NTT itu. Bahkan SBS berharap semua dapat berjalan dengan baik dan tetap tercipta keharmonisan di Malaka.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan untuk kembali terjun dalam perhelatan politik Pilkada Malaka pada 2024 mendatang, SBS mengatakan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk mencalonkan diri.

BACA JUGA: Hasil Pleno PPK Tak Berubah, SN-KT Kalahkan SBS-WT di Malaka

“Apakah itu berarti SBS akan maju lagi di Pilkada 2024? Jawabannya ya, kita akan bertemu lagi 2024 (Pilkada 2024, Red,” tandas SBS.

Terpisah, Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak saat dikonfirmasi Timor Ekspres (18/3) mengatakan, pasca keputusan MK, tahapan selanjutnya adalah pleno penetapan calon terpilih.

Makarius menyebutkan bahwa penetapan paslon terpilih Bupati-Wabup Malaka itu akan ditetapkan lima hari setelah putusan MK. “Untuk penetapan paslon terpilih, itu lima sejak keputusan MK. Dihitung mulai dari tanggal keputusan sampai lima hari ke depan. Makanya kita ambil waktu hari Senin, 22 Maret (Untuk pleno penetapan, Red),” kata Makarius.

Menurut Makarius, karena waktunya lima hari setelah putusan untuk penetapan, maka pihak MK telah menyatakan mereka akan segera mengirim salinan putusan melalui email resmi KPU Malaka.

“SK berdasarkan keputusan, dan keputusan itu harus segera dikirm ke KPU. Tadi MK janji hari ini (18/3) dikirim ke emailnya KPU Malaka,” jelas Makarius.

Mengenai persiapan pelantikan paslon terpilih, tambah Makarius, itu merupakan ranah DPRD dan pemerintah. Jadi setelah KPU menetapkan paslon terpilih, hasilnya diajukan ke DPRD Malaka, kemudian DPRD meneruskan ke gubernur lalu ke Mendagri. “Jika sudah sampai ke Mendagri, terkait pelantikan itu merupakan kewenangan Mendagri,” pungkas Makarius. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top