9.000 Bidang Tanah di Kota Kupang Resmi Terdata dalam Aplikasi Sentuh Tanahku | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

9.000 Bidang Tanah di Kota Kupang Resmi Terdata dalam Aplikasi Sentuh Tanahku


DISKUSI TIMEX FORUM. (Dari Kanan) Kepala Kantor ATR/BPN Kota Kupang, Fransiska Vivi Gangga, Kakanwil ATR/BPN NTT, Jaconias Walalayo, Kepala TU Kanwil BPN NTT, Aziz Barawasi, Dirut TIMEX, Sultan Eka Putra, Pemred TIMEXKUPANG.com, Marthen Bana, Pemred Timor Express, Kristo Embu, dan Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby dalam forum diskusi TIMEX Forum di Graha Pena, Kamis (18/3). (FOTO: BORGIAS KOLLO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

9.000 Bidang Tanah di Kota Kupang Resmi Terdata dalam Aplikasi Sentuh Tanahku


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Kupang, Fransiska Vivi Gangga menyatakan bahwa dari total 61 ribu bidang tanah yang telah bersertifikat di Kota Kupang, sebanyak 9.000 bidang sudah terdata dalam aplikasi Sentuh Tanahku.

Hal ini disampaikan Vivi dalam diskusi terbatas TIMEX Forum bertajuk “Masalah Tanah, Investasi dan Kemiskinan” yang berlangsung di Graha Pena Timor Express, Kamis (18/3). Diskusi yang dipandu Pemred Timor Express, Kristo Embu itu menghadirkan perwakilan pengusaha, yakni Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Provinsi NTT, Bobby Pitoby, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) ATR/BPN NTT, Jaconias Walalayo, SH., MH., dan Kepala Tata Usaha Kanwil BPN NTT, Aziz Barawasi, Direktur Utama (Dirut) Timor Express, Sultan Eka Putra, dan Pemimpin Redaksi TIMEXKUPANG.com, Marthen Bana.

Vivi menjelaskan bahwa aplikasi Sentuh Tanahku yang tersedia dalam versi Android ataupun iOS ini diluncurkan dengan tujuan mensosialisasikan program strategis ATR/BPN serta menyampaikan informasi status kepemilikan bidang tanah. “Jadi kalau mau pakai aplikasi ini tinggal unduh saja di play store dengan HP android atau iOS,” jelas Vivi.

Terkait masih banyaknya bidang tanah yang belum terdaftar dalam aplikasi ini, Vivi menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan produk baru BPN dalam rangka digitalisasi pendataan kepemilihan bidang tanah, sehingga pihaknya saat ini bekerja siang malam demi menyelesaikan pendataan 61 ribu bidang tanah itu.

Kepala Tata Usaha Kanwil BPN NTT, Aziz Barawasi yang juga hadir dalam diskusi itu menambahkan, aplikasi sentuh tanah ini juga sudah berlaku di seluruh NTT.

Sementara itu, Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan, dirinya telah menggunakan aplikasi ini dan sangat luar biasa manfaatnya.

“Aplikasi Sentuh Tanahku itu sangat luar biasa. Saya sudah gunakan, dan sangat membantu sekali. Misalnya ada tanah yang mau dibeli, bisa dicek lewat aplikasi ini nanti kelihatan jelas data-datanya. Pokoknya luar biasa,” ungkap Bobby sambil mengangkat dua jempolnya untuk Kakanwil BPN NTT dan Kepala Kantor BPN Kota Kupang dalam forum diskusi itu. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top