Amankan Perayaan Paskah, Polres Matim Bangun Posko di Gereja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Amankan Perayaan Paskah, Polres Matim Bangun Posko di Gereja


BAHAS PENGAMANAN PASKAH. Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Sieswanto (kanan) saat memimpin rapat Operasi Samana Santa Ranaka 2021 di lantai III Markas Polres Matim, Kamis (18/3). (FOTO: Humas Polres Matim)

KABAR FLOBAMORATA

Amankan Perayaan Paskah, Polres Matim Bangun Posko di Gereja


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Polres Manggarai Timur (Matim) menggelar rapat bersama intasi terkait dan tokoh agama membahas pengamanan perayaan Paskah 2021, Kamis (18/3) pagi. Salah satu poin yang disepakati adalah Polisi membangun posko di gereja.

Rapat yang berlangsung di Lantai III Markas Polres Matim, Kelurahan Rana Loba, Kota Borong, dipimpin langsung Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Sieswanto, SH. Kapolres didampingi Wakil Kapolres Kompol Ahmad, SH., dan Kabag Ops, AKP Yohanes Bastian Simon.

Hadir juga sejumlah periwa Polres Matim, Danramil Borong bersama sejumlah anggota TNI, pihak Kantor Kementerian Agama Matim, sejumlah Pastor Paroki, Pendeta, pihak dari Dinas Perhubungan Matim, Satpol PP, Dinas Kesehatan, beserta undangan lainnya.

“Kita menggelar rapat eksternal Operasi Samana Santa Ranaka 2021. Kita membahas beberapa agenda berkaitan dengan kesiapan menjelang hari raya Paskah 2021 di Kabupaten Matim,” ujar Kapolres Nugroho, saat ditemui usai rapat di ruang kerjanya, Kamis (18/3).

Dia menjelaskan, dipilihnya kata Ranaka, karena yang tertinggi dan terkenal di wilayah Manggarai Raya dan Keuskupan Ruteng, adalah Gunung Ranaka. Menurut Kapolres Nugroho, Operasi Samana Santa Ranaka 2021 itu akan berlangsung selama 15 hari. Dimulai dari 25 Maret hingga 8 April 2021.

Dalam operasi itu, lanjut Kapolres Nugroho, pihaknya melakukan pengamanan berupa orang, tempat, dan barang. Polisi tidak sendiri, tapi bersama TNI, Pol PP, dan dinas Perhubungan. Salah satu yang dilakukan dalam operasi itu, pihaknya akan mendirikan pos-pos pengamanan di sejumlah gereja paroki dan protestan yang berpotensi banyak umat.

“Kita akan bangun posko pengamanan dan pelayanan. Dalam proses pengamanan perayaan paskah itu, kita juga akan mengajak remaja masjid untuk turut membantu pengamanan pada proses perayaan paskah. Kita juga bekerja sama dengan pihak PLN dengan harapan dalam perayaan dipastikan listrik tidak padam,” ujar Kapolres Nugroho.

Kapolres menekankan agar dalam perayaan ibadah Paskah 2021, semua gereja atau tempat ibadah wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal itu juga berdasarkan imbauan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, sehingga pelayan misa dan umat wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Selain melakukan pengamanan, kami juga nanti akan membagikan masker gratis bagi umat yang lupa atau tidak memakai masker saat memasuki gereja. Nanti petugas kita yang saat jaga itu akan bagikan maskernya,” katanya.

Ditambahnya, poin lain yang dibahas dalam rapat Operasi Samana Santa Ranaka 2021, pihak gereja harus siapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizier bagi umat yang melaksanakan misa. Juga akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap gereja. Umat yang hadir saat misa atau kebaktian juga diimbau untuk dibatasi.

Pihak keamanan, kata Kapolres Nugroho, juga akan mengamankan tempat wisata dalam rangka antisipasi kerumunan masyarakat di hari libur Paskah. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top