Evaluasi Kinerja Pengawas, Komisioner Bawaslu RI Kunjungi Malaka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Evaluasi Kinerja Pengawas, Komisioner Bawaslu RI Kunjungi Malaka


Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar (keempat kiri) bersama anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna (kedua kiri) foto bersama Bawaslu Malaka ketika berkunjung ke Betun, Jumat (19/3). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

POLITIK

Evaluasi Kinerja Pengawas, Komisioner Bawaslu RI Kunjungi Malaka


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Anggota Bawaslu RI Devisi Hukum, Fritz Edward Siregar, SH.,LLM.,PhD melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malaka, Jumat (19/3). Kunjungan ini dalam rangka mengevaluasi pengawasan tahapan pelaksanaan Pilkada Malaka tahun 2020 yang dilakukan Bawaslu dan Panwascam se Kabupaten Malaka. Evaluasi juga dilakukan terhadap Bawaslu delapan kabupaten lainnya yang menggelar Pilkada serentak 2020 di Provinsi NTT.

Kedatangan rombongan Bawaslu RI diterima secara adat oleh Bawaslu Kabupaten Malaka, disertai penyamatan destar oleh Ketua Bawaslu setempat, Petrus Nahak Manek bertempat di depan Hotel Cinta Damai Betun.

Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar dalam kesempatan tersebut mengaku sangat bangga karena ia akhirnya bisa sampai ke Betun, ibukota Kabupaten Malaka. Pasalnya, kata Fritz, ia sudah mengagendakan kunjungan tersebut sejak beberapa waktu lalu namun baru bisa terealisasi saat ini.

Fritz mengatakan, kunjungannya ke Malaka bertujuan melaksanakan evaluasi kepada Bawaslu dan Panwascam serta memberikan apresiasi atas kerja keras yang telah mereka lakukan selama proses Pilkada tahun 2020.

“Hari ini (Jumat, 19/3, Red) kita ke Malaka untuk melakukan evaluasi pengawasan terhadap teman-teman panwascam serta Bawaslu kabupaten sekaligus memberikan apresiasi terhadap kerja keras yang mereka lakukan selama proses Pilkada 2020,” jelas Fritz yang saat itu ditemani Komisioner Bawaslu NTT, Jemris Fointuna.

Fritz dalam kesempatan itu juga menyinggung soal hasil putusan sengketa Pilkada Malaka di Mahkamah Konstitusi (MK) yang sudah diputuskan pada Kamis (18/3). Fritz mengharapkan semua pihak di Malaka dapat menghargai dan mematuhi keputusan MK tersebut.

Mengenai jadwal pelantikan kepala daerah terpilih, Fritz menyatakan itu merupakan ranah KPU yang akan melakukan pleno penetapan. Setelah penetapan oleh KPU, hasilnya dikirim kepada Mendagri melalui DPRD setempat untuk dijadwalkan proses pelantikannya.

“Setelah dijadwalkan proses pelantikannya akan dilantik Mendagri melalui Gubernur NTT,” jelas Fritz Siregar yang dalam kunjungannya itu juga menyerahkan piagam penghargaan kepada anggota Bawaslu beserta jajaran Panwascam atas kerja keras dan dedikasi dalam mengawal seluruh tahapan Pilkada serentak 2020 di NTT.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek dalam sambutannya mengatakan, tahapan penyelenggaraan pengawasan Pilkada mulai dari awal berjalan dengan baik dan sukses sampai dengan saat ini.

Petrus juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu RI yang melakukan kunjungan Kerja ke Malaka, wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia.

Petrus dalam kesempatan itu membeberkan berbagai upaya yang telah mereka lakukan terkait dengan tugas pengawasan selama proses tahapan Pilkada Malaka, termasuk sejumlah rekomendasi untuk penindakan. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top