Hari Ini KPU Belu Pleno Penetapan Bupati Terpilih, Besok DPRD Paripurna | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hari Ini KPU Belu Pleno Penetapan Bupati Terpilih, Besok DPRD Paripurna


Juru Bicara KPU Belu, Herlince E. Asa. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Hari Ini KPU Belu Pleno Penetapan Bupati Terpilih, Besok DPRD Paripurna


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, sesuai rencana hari ini, Senin (22/3) melakukan pleno penetapan pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih hasil Pilkada 2020.

Rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih itu digelar sebagai tindaklanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh permohonan paslon nomor urut 01, Willybrodus Lay-J. T. Ose Luan (Sahabat).

Juru Bicara KPU Belu, Herlince E. Asa saat dikonfirmasi, Minggu (21/3) menyebutkan, rapat pleno penetapan Bupati-Wabup Belu terpilih sesuai agenda dimulai pada pukul 10.00 Wita bertempat di aula Hotel Matahari Atambua.

“Persiapan sudah final besok (Senin, 22/3, Red) pleno penetapan. Undangannya terbatas hanya 20an peserta, dan wajib mematuhi protokol Covid-19,” tandasnya.

Menurut Herlince, setelah penetapan, pihak KPU akan menyerahkan hasilnya kepada DPRD Belu, untuk selanjutnya diproses pengusulan pelantikan. “Jadi KPU hanya sebatas sampai pada pleno terbuka. Selanjutnya menjadi tanggung jawab DPRD dan Pemerintah Kabupaten Belu untuk (Mengusulkan) proses pelantikannya,” jelasnya.

Sementara di lembaga DPRD Belu sendiri, meski belum ada pleno penetapan oleh KPU, tetapi lembaga ini sudah mengagendakan jadwal rapat paripurna pengusulan pelantikan paslon bupati terpilih Agustinus Taolin-Aloysius Haleserens.

DPRD sudah menjadwalkan paripurna untuk pengusulan pelantikan paslon Bupati-Wabup terpilih yang sesuai agenda dilakukan pada Selasa (23/3) atau sehari setelah KPU Belu melakukan pleno penetapan paslon terpilih dan menyerahkan dokumennya.

BACA JUGA: Pilkada Belu: Paket Sehati Umumkan Kemenangan Dinihari

BACA JUGA: Willy Lay Ucap Profisiat untuk Sehati, Agus Taolin: Mari Kita Bangun Rai Belu

BACA JUGA: Sahabat Tolak Teken Berita Acara Pleno, Pertimbangkan Gugatan ke MK

BACA JUGA: KPU Belu Buka 22 Kotak Suara, Polisi Kawal, Bawaslu Tak Hadir

Wakil Ketua DPRD Belu, Yohanes Jefri Nahak Nahak saat dikonfirmasi Minggu (21/3) mengaku bahwa awalnya rapat paripurna DPRD dijadwalkan untuk digelar dihari yang sama setelah pleno penetapan oleh KPU. Tetapi sesuai aturan bahwa paripurna baru bisa dilakukan sehari setelah pleno KPU, sehingga jadwal paripurna ditunda ke Selasa (23/3).

“Paripurna sudah dijadwalkan Selasa atau sehari setelah KPU Belu melakukan pleno penetapan calon terpilih dan menyerahkan dokumennya,” jelasnya.

Jefri yang Ketua DPD II Partai Golkar Belu mengatakan bahwa rapat paripurna itu untuk pengusulan Bupati-Wabup Belu terpilih kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur NTT untuk pelaksanaan pelantikan.

“Setelah kita usulkan kepada Mendagri melalui Gubernur, kita tunggu saja jadwal pelantikannya. Informasi pelantikan akan disampaikan kembali kepada kita,” sebut Jefri.

Jefri berharap jadwal pelantikan dipercepat sehingga roda pemerintahan di wilayah itu segera berjalan di era kepemimpinan Bupati-Wabup yang baru.

Sebagaimana diberitakan sebelum, pada Pilkada Belu, 9 Desember 2020 lalu, hasil pleno rekapitulasi suara tingkat KPU Kabupaten Belu, paslon petahana Willybrodus Lay-J. T. Ose Luan (Sahabat) meraih sebanyak 50.376 suara. Sementara paslon Agustinus Taolin-Aloysius Haleserens (Sehati) meraup 50.623 suara. Selisih suara kedua paslon ini hanya terpaut 247 suara, dari total 100.999 suara sah hasil pleno di 12 kecamatan.

Tak puas dengan penetapan hasil pleno rekapitulasi itu, paslon Sahabat menggugat KPU Belu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan sengketa perselisihan hasil Pilkada (PHP) itu diputuskan MK pada Kamis (18/3), dimana hakim MK menolak seluruh pemohon paslon Sahabat. Atas keputusan itu, paslon Sehati menjadi pemimpin baru di Rai Belu hingga Pilkada 2024 mendatang. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top