Dinkes Kota Target Vaksinasi 1.500 Orang dalam Sehari | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinkes Kota Target Vaksinasi 1.500 Orang dalam Sehari


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinkes Kota Target Vaksinasi 1.500 Orang dalam Sehari


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang bersama tim dari 11 Puskesmas di Kota Kupang, menggelar vaksinasi massal bagi pelayan publik di Balai Kota Kupang, Selasa (23/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati menjelaskan, metode pelaksanaan vaksinasi secara massal ini dilakukan mulai dari pagi sampai sore, dan tim yang melaksanakan vaksinasi merupakan tim dari seluruh Puskesmas yang ada di Kota Kupang.

Dikatakan, target yang ditetapkan untuk pelaksanaan vaksinasi massal sebanyak 1.500 orang, terdiri dari ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan juga para guru atau tenaga pendidik, kantor vertikal, dan lainnya.

“Jadi setelah Guru dan ASN, tokoh agama dan tokoh masyarakat sudah terpenuhi, maka tim akan turun di tempat-tempat publik, misalnya di pasar dan di mall,” jelasnya.

Sampai kemarin, kata drg. Retnowati, pelaksanaan vaksinasi sudah menyasar 9.000 orang lebih untuk kategori pelayan publik, dan 5.000 orang lebih untuk warga lanjut usia (Lansia).

“Jadi berdasarkan jumlah vaksin yang diberikan, Dinas Kesehatan sudah mencapai 90 persen untuk pelayan publik, dan untuk lansia sudah 60 persen,” kata drg. Retnowati saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (22/3).

Menurut drg. Retnowati, saat pelaksanaan vaksinasi jika animo masyarakat tinggi, maka Pemkot Kupang akan kembali mengusulkan untuk menambah vaksin demi melayani seluruh masyarakat.

“Jadi vaksin termin kedua sudah diambil dan sudah digunakan. Jumlahnya sebanyak 22.000 dosis, yang sebelumnya diamankan di gudang farmasi milik Pemkot,” jelasnya.

Dinkes Kota Kupang, demikian drg. Retno, harus melakukan perhitungan secara baik agar masyarakat yang mendapatkan vaksin termin pertama tetap mendapatkan vaksin pada termin kedua. Jadi vaksin yang ada sekarang ini benar-benar dihitung secara baik,” kata drg. Retnowati.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsi mengatakan, tim yang diturunkan pelaksanaan vaksinasi massal terdiri dari 5 orang, yang diutus dari setiap Puskesmas.

“Jadi kita membaginya dalam dua tim atau kelompok. Jam 08.00 sampai 12.00 Wita enam Puskesmas, dan jam 12.00 Wita sampai 15.00 Wita lima puskesmas,” beber Sri.

Setelah pelaksanaan vaksinasi massal ini, kata Sri, semua petugas dari Puskesmas akan kembali melakukan pelayanan vaksinasi yang dibuka setiap hari. “Sesuai arahan Wakil Wali Kota Kupang, setiap Puskesmas akan diberikan capaian target,” ujarnya.

Sri menambahkan, tenaga guru juga mendapat prioritas untuk divaksin, dimana sesuai petunjuk, sebelum tahun ajaran baru, semua guru sudah divaksi agar bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Dinkes Kota Kupang, sambung Sri, meminta bantuan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Kupang, agar mendukung layanan jaringan internet yang memadai dan lancar sehingga pelayanan vaksinasi tidak terganggu. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top