Akhir April Baru Lantik Bupati Malaka, Gubernur VBL Tunjuk Viktor Manek Jadi Plt | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Akhir April Baru Lantik Bupati Malaka, Gubernur VBL Tunjuk Viktor Manek Jadi Plt


KUNKER KE MALAKA. Gubernur VBL (tengah) melakukan kunjungan kerja ke Malaka, Kamis (25/3). Tampak Plh Bupati Malaka, Donatus Bere (kedua kiri), Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno (kanan), staf khusus Gubernur, Prof. Daniel Kameo (kiri) dan Anwar Pua Geno (kedua kanan) dan anggota rombongan lainnya. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Akhir April Baru Lantik Bupati Malaka, Gubernur VBL Tunjuk Viktor Manek Jadi Plt


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyebutkan, pelaksanaan pelantikan terhadap Bupati Malaka, Belu, dan Sumba Barat yang baru selesai berproses hukum di Mahkamah Konstitusi (MK) diperkirakan berlangsung pada 26 April 2021 mendatang.

Berkaitan dengan hal tersebut, selama belum ada kepala daerah definitif, tiga kabupaten ini akan dipimpin sementara oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati. Dengan demikian, posisi yang saat ini diisi Pelaksana harian (Plh) Bupati berganti ke Plt Bupati.

Khusus untuk Kabupaten Malaka, Gubernur VBL menyatakan akan menunjuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi NTT, Viktor Manek sebagai Plt. Bupati Malaka hingga pelantikan bupati definitif akhir April nanti.

“Tanggal 26 April, kemungkinan besar saya (VBL, Red) lantik Bupati Malaka definitif,” ungkap Gubernur VBL saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malaka, tepatnya di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kamis (25/3).

Gubernur VBL menyebutkan, para Plt Bupati ini, khususnya Plt Bupati Malaka akan ditugaskan mulai Sabtu (27/3).

Gubernur VBL menjelaskan bahwa penunjukan Plt Bupati itu dimaksudkan untuk melancarkan roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat disetiap kabupaten sambil menanti pelantikan bupati definitif yang direncanakan digelar paling lama akhir April mendatang.

BACA JUGA: Kujungi BUMDes Wehali, Gubernur VBL: Kembangkan Komoditas Lokal

BACA JUGA: Usai Pleno Penetapan KPU Malaka, Bupati Terpilih: 100 Hari Pertama Fokus Lakukan Audit

BACA JUGA: SN-KT Menang Sengketa Pilkada Malaka, SBS: Kita Bertemu Lagi 2024

BACA JUGA: Gubernur NTT Lantik 5 Bupati-Wabup, Kemendagri: Sabu Raijua Tunggu Kajian Kemenkum-HAM

Gubernur VBL juga meminta agar Bupati-Wakil Bupati, yakni Kabupaten Malaka, Belu, dan Sumba Barat yang rencananya dilantik pada akhir April harus mengoptimalkan waktu kerja yang hanya tiga tahun itu, karena tahun 2024 sudah dilakukan Pilkada serentak di Indonesia.

”Bupati terlantik karena waktu kerjanya hanya tiga tahun, harus bisa membuat gebrakan dan percepatan dalam berbagai hal agar apa yang dilakukan nantinya bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Malaka,” tegas VBL.

Di hadapan pejabat pemerintah dan warga Malaka, Gubernur VBL menekankan bahwa saat ini urusan politik sudah selesai sehingga tugas lanjutannya bagaimana menyiapkan program kerja agar rakyat menyiapkan pembangunan sehingga rakyat biaa dapat menikmati pembangunan untuk hidup lebih baik. ”Ini harus disiapkan dengan baik agar tidak mengganggu pekerjaan di provinsi,” pesan VBL.

Gubernur VBL secara khusus berpesan kepada Sekda Malaka, Donatus Bere yang saat ini menjabat sebagai Plh Bupati agar menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga ketika Bupati definitif dilantik, datang bisa langsung bekerja. ”Tolong siapkan RPMJD dan program-program supaya langsung bekerja,” pinta VBL.

VBL menambahkan, sebagai gubernur, dirinya akan memberikan perhatian khusus untuk kabupaten-kabupaten yang masa jabatan bupatinya hanya tiga tahun. Perhatian itu dimaksudkan supaya bekerja secara optimal untuk rakyat.

“Saya berharap agar Malaka dengan potensi dan kekayaannya yang luar biasa ini harus dioptimalkan pemanfaatannya untuk percepatan kemakmuran rakyat,” pungkasnya. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top