Kota Kupang Siap Sukseskan Pendataan Keluarga 2021, Ini Penjelasan Kadis PPKB | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kota Kupang Siap Sukseskan Pendataan Keluarga 2021, Ini Penjelasan Kadis PPKB


Kepala Dinas PPKB Kota Kupang, drg. Fransiska J. H. Ikasasi. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kota Kupang Siap Sukseskan Pendataan Keluarga 2021, Ini Penjelasan Kadis PPKB


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kupang siap melakukan Pendataan Keluarga 2021. Pendataan Keluarga merupakan program BKKBN untuk menjawab UU 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

UU ini kemudian diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana sistem Informasi Keluarga.

Kepala Dinas PPKB Kota Kupang, drg. Fransiska J. H. Ikasasi, kepada media ini saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (24/3) mengatakan, program ini dilakukan rutin setiap lima tahun, serentak di seluruh Indonesia. Dan tahun ini akan digelar pada 1 April sampai 31 Mei 2021.

Fransiska mengatakan, pendataan ini akan dilaksanakan oleh kader di wilayah binaan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang sudah dilatih sebelumnya.

“Jumlah tenaga pendata yang akan melakukan pendataan diperkirakan 687 orang, yang dibagi menjadi dua metode, yaitu metode pengisian formulir sebanyak 85 persen, dan 15 persen menggunakan smartphone,” jelas Fransiska.

Selain pendataan, lanjut Fransiskan, juga melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi serta penyuluhan program Bangga Kencana kepada keluarga di lingkungannya. Penyuluhan ini berkaitan dengan delapan fungsi keluarga, yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, fungsi ekonomi dan pembinaan Lingkungan,” beber Fransiska.

Menurut Fransiska, pendataan nantinya mencantumkan nama keluarga, ikut program KB atau tidak, jumlah anak, dan sebagainya.

Masih menurut, pendataan keluarga tahun 2021 ini selain menyediakan basis data keluarga, juga memuat informasi keluarga berisiko stunting, khususnya terkait data antropometri balita, meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala.

Dikatakan, pendataan keluarga penting bagi pemerintah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi program pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana (Bangga Kencana) dan program pembangunan lainnya.

“Sasaran pendataan untuk keluarga di Kota Kupang sebanyak 103.028 keluarga. Diharapkan semua sasaran ini bisa dijangkau, minimal mencapai 80 persen,” harapnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top