Vaksin Covid-19 Tahap II Capai 113,5 Persen, Ini Permintaan Bupati TTS | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Vaksin Covid-19 Tahap II Capai 113,5 Persen, Ini Permintaan Bupati TTS


Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun. (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Vaksin Covid-19 Tahap II Capai 113,5 Persen, Ini Permintaan Bupati TTS


SOE, TIMEXKUPANG.com-Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTS, untuk tahap dua termin satu mencapai 113,3 persen. Dari target sasaran peserta vaksinasi sebanyak 2.282 orang, hingga Rabu (24/3), Pemkab TTS melalui Dinas Kesehatan telah memvaksinasi sebanyak 2.591 orang.

Capaian ini terjadi lantaran antusiasme masyarakat yang begitu tinggi memberi diri untuk divaksin Covid-19. “Untuk sasaran pelayanan vaksin Covid-19 tahaap dua termin satu kita sudah melampaui target yakni 113,5 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Eirene Atte saat ditemui Timor Express di SoE, Rabu (23/3).

Dokter Eirene mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di TTS berjalan dengan baik atas dukungan semua pihak, terutama antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk mendapat vaksinasi.

Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi ini, kata dr. Eirene, diharapkan virus korona bisa segera hilang dari TTS. Namun, lanjut dr. Eirene, hal yang paling penting dijaga adalah mematuhi protokoler kesehatan meski telah divaksin. “Jangankan sudah divaksin jadi tidak mau patuhi protokoler kesehatan,” tegas dr. Eirene.

Sementara itu, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat TTS mengikuti program vaksinasi Covid-19 menandakan bahwa warga TTS sangat peduli dan mau sama-sama berjuang menghilangkan wabah Covid-19 dari TTS.

Bupati Egusem berharap semangat ini tetap ditingkatkan, agar wabah Covid-19 segera hilang dari TTS sehingga aktifitas masyarakat kembali berjalan normal seperti biasanya.

Walau demikian, Bupati Egusem mengakui masih ada juga masyarakat yang takut divaksin. Ini karena mereka mengonsumsi informasi hoax yang terlebih dahulu berkembang di media sosial.

Kadis Kesehatan TTS, dr. Eirene Ate. (FOTO: YOPPY TAPENU/TIMEX)

Untuk itu, Bupati Egusem mengimbau masyarakat agar bersedia memberi diri untuk divaksin covid-19, karena sejumlah masyarakat di Indonesia termasuk Presiden RI telah memberi contoh dengan mengikuti program vaksinasi ini. Tindakan itu menjadi pertanda bahwa vaksin Covid-19 baik untuk kesehatan manusia.

“Banyak yang sudah vaksin Covid-19, termasuk Bapak Presiden, tapi ternyata dampaknya tidak seperti yang kita lihat di media sosial sebelumnya. Jadi saya imbau kepada masyarakat TTS agar jika sudah mendapatkan jadwal vaksin Covid-19, jangan takut karena vaksin Covid-19 baik untuk menjaga kesehatan kita,” pinta Egusem.

Saat ini, lanjut Bupati Egusem, vaksin Covid-19 masih diperuntukan untuk ASN, TNI/Polri dan sejumlah masyarakat yang masuk kategori pelayan publik.

Jika tahapan ini sudah selesai, akan dilanjutkan dengan tahapan vaksinasi untuk warga lanjut usia (Lansia) dan masyarakat umum. Untuk itu, jika telah sampai pada jadwal lansia dan juga masyarakat sipil, diharapkan untuk bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam memberantas wabah Covid-19.

Bupati Egusem menekankan bahwa jika masyarakat tidak bersedia divaksin, maka akan merugikan sendiri karena saat ini vaksin Covid-19 masih ditanggung pembiayaannya oleh pemerintah.

Tidak menutup kemungkinan, jika wabah ini mereda maka ke depan masyarakat yang ingin vaksin Covid-19 secara mandiri, bisa saja dikenakan biaya.

Maka dari itu, demikian Bupati Egusem, masyarakat harus memanfaatkan kesempatan vaksin Covid-19 secara gratis ini. “Sekarnag vaksin secara gratis, karena biayanya masih ditanggung pemerintah. Jadi kalau masyarakat tidak manfaatkan kesempatan gtatis ini, akan rugi karena bisa saja ke depan kalau mau vaksin Covid-19 dikenakan biaya,” pungkas Bupati Egusem. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top