Ditlantas Polda NTT Siap Launching Tilang Elektronik di Kota Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ditlantas Polda NTT Siap Launching Tilang Elektronik di Kota Kupang


Dirlantas Polda NTT, Kombes Pol. Iroth Laurens Ricky. (FOTO: BORGIAS KOLLO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Ditlantas Polda NTT Siap Launching Tilang Elektronik di Kota Kupang


Dukung Program 100 Hari Kerja Kapolri, Samsat Delivery Sudah Jalan

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dukungan Dirlantas Polda NTT, Kombes Pol. Iroth Laurens Ricky terhadap program 100 hari kerja Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo semakin nyata. Betapa tidak, dua program terobosan Ditlantas Polda NTT yaitu penerapan Samsat Delivery dan sistem tilang berbasis elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE) sudah siap di-launching.

“Samsat Delivery sudah terlaksana sejak dua minggu lalu di 22 kabupaten/kota, sedangkan tilang elektronik sudah uji coba di Kota Kupang. Kedua program terobosan Ditlantas Polda NTT merupakan wujud dukungan program 100 hari kerja Pak Kapolri dan siap di-launching pada tanggal 28 April mendatang,” ungkap Dirlantas Polda NTT melalui Kasi STNK, AKP. Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/3) siang.

Dijelaskan, program Samsat Delivery yang sudah jalan di 22 kabupaten/kota sejak awal Maret lalu saat ini pelayanannya masih terbatas untuk masyarakat dalam kota. Alasannya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) berupa dua unit sepeda motor kepada Samsat guna melancarkan urusan pengantaran surat keterangan pajak daerah (SKPD) kepada wajib pajak di kota dan pedesaan sampai saat ini belum terlaksana sepenuhnya.

BACA JUGA: Tilang Elektronik Resmi Berlaku di 12 Polda, Ini 10 Jenis Pelanggaran yang Bakal Ditindak

“Sebenarnya kami butuh dukungan dua unit sepeda motor dari Pemda untuk petugas Samsat dan Lantas antar surat keterangan pajak daerah (SKPD) kepada wajib pajak, tapi karena saat ini sepeda motor bantuan Pemda baru satu unit untuk setiap Samsat di daerah, makanya pelayanan kami masih terbatas pada masyarakat kota,” jelas AKP. Sudirman.

Program ini kata Sudirman akan berkembang ke masyarakat pedesaan setelah di-launching dan dukungan sepeda motor dari Pemda terlaksana sesuai kebutuhan lembaganya.

“Samsat Delivery mengedepankan sistem e-payman yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi untuk urusan bayar pajak kendaraan bermotor, masyarakat tinggal bayar di Bank NTT, setelah itu pulang rumah dan tunggu saja di rumah nanti petugas dari Samsat dan anggota polisi yang akan pergi antar SKPD sekaligus sahkan STNK,” jelas mantan Kasat Lantas Polres TTU itu.

Sementara mengenai sistem tilang berbasis elektronik (ETLE), Sudirman menjelaskan saat ini sudah ada sembilan kamera CCTV yang dipasang di tujuh titik yang ada di Kota Kupang. Ketujuh titik yang sudah terpasang di Kota Kupang yaitu simpang lampu merah El Tari depan kantor Gubernur NTT, simpang Toko Hero, simpang empat Polda NTT, simpang empat Palapa, simpang empat SMPN 2, Bundaran Strat A, dan simpang Suba Suka Kelurahan Pasir Panjang. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top