KAK Imbau Umat Tak Perlu Takut dan Tetap Waspada, MUI Kota Kupang Kutuk Keras | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KAK Imbau Umat Tak Perlu Takut dan Tetap Waspada, MUI Kota Kupang Kutuk Keras


Vikjen Keuskupan Agung Kupang, RD. Gerardus Bernadus Duka. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

KAK Imbau Umat Tak Perlu Takut dan Tetap Waspada, MUI Kota Kupang Kutuk Keras


Terkait Aksi Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Kupang (KAK) RD. Gerardus Bernadus Duka mengharapkan umat di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tidak perlu takut yang berlebihan tetapi harus waspada. Harapan Romo Gerardus ini menyikapi peristiwa aksi bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) pagi.

Sebagai pimpinan agama, Romo Gerardus mengaku sangat menyayangkan sikap para pelaku yang berusaha menyerang di saat umat Katolik memulai pekan suci menyongsong paskah. Namun untuk memastikan motif bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, pihaknya mmenyerahkan dan mempercayakan penanganannya kepada aparat kepolisian.

“Saya dalam hubungan dengan peristiwa ini ingin menyampaikan kepada umat Katolik Keuskupan Agung Kupang bahwa peristiwa ini sungguh mengagetkan karena peristiwa ini terjadi saat umat Katolik memulai pekan suci menyongsong Paskah,” kata rohaniawan Katolik yang akrab disapa Romo Dus itu.

Kepada umat Katolik dan masyarakat, Romo Dus mengingatkan agar tetap waspada dan meningkatkan kewaspadaan dalam berbagai kegiatan-kegiatan ibadah selama pekan suci dan paskah. “Umat tetap tenang dan tidak usah terlalu takut, tetapi tetap waspada,” pesan Romo Dus.

Romo Dus mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat solidaritas dan mendoakan para korban bom bunuh diri sehingga bisa cepat sembuh. “Mari kita bengun solidaritas bersama umat dan masyarakat mendoakan para korban yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit agar cepat sembuh,” katanya.

Kondisi yang mengagetkan tersebut juga sangat dirasakan hingga ke daerah-daerah, maka para pastor terus bekerja sama pihak kepolisian untuk menjaga lingkungan tempat ibadah saat perayaan-perayaan misa selama pekan suci dan Paskah.

“Kepada umat dan masyarakat untuk tidak memosting korban melalui media sosial karena dapat menimbulkan ketakutan dan bisa menjadi provokasi,” sebut Romo Dus.

Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad MS. (FOTO: ISTIMEWA)

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kupang, H. Muhammad MS mengatakan peristiwa peledakan bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar pagi tadi, adalah suatu tindakan yang sangat biadab.

Oleh karena itu, saya selaku Ketua MUI Kota Kupang, mengutuk keras perbuatan tersebut, dan berharap kepada aparat keamanan agar dapat segera mengungkap motif peristiwa tersebut, agar tidak terulang lagi dikemudian hari.

“Semoga pihak kepolisian bisa mengungkap motif dan jaringan pelaku teroris dan berantas hingga akar-akar,” harapnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top