Kapolri: Terduga Teroris di Mabes Polri Perempuan Berusia 25 Tahun | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kapolri: Terduga Teroris di Mabes Polri Perempuan Berusia 25 Tahun


LONE WOLF. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, pelaku teroris penyerang Mabes Polri berinisial ZA. Perempuan berusia 25 tahun itu melancarkan aksinya pelaku hanya seorang diri atau lone wolf. (FOTO: Istimewa)

PERISTIWA/CRIME

Kapolri: Terduga Teroris di Mabes Polri Perempuan Berusia 25 Tahun


Berideologi Radikal ISIS, Ada Postingan di Sosmed Terkait Perjuangan Jihad

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologis penyerangan terduga teroris berinisial ZA, 25, di kompleks Mabes Polri, sekitar pukul 16.30 WIB. Menurut Listyo, penembakan tegas dan terukur dilakukan aparat kepolisian terhadap pelaku terorisme tersebut.

Listyo mengungkapkan, ZA memasuki kompleks Mabes Polri sekitar pukul 16.30 WIB. Perempuan yang mengenakan gamis hitam dengan kerudung biru terlebih dahulu menanyakan kepada aparat yang berjaga mengenai pos jaga.

“Kurang lebih jam 16.30 tadi ada seorang wanita yang berjalan masuk dari pintu belakang, kemudian yang bersangkutan mengarah ke pos gerbang utama yang ada di Mabes Polri,” kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (31/3).

“Yang bersangkutan kemudian menanyakan, dimana keberadaan kantor pos dan kemudian diberikan pelayanan oleh anggota. Kemudian ditunjukkan arah kantor pos tersebut,” sambungnya.

Setelah diberi tahu letak kantor pos penjagaan, pelaku melakukan penyerangan terhadap aparat kepolisian. Pelaku sempat mengeluarkan tembakan ke polisi sebanyak enam kali.

“Kemudian wanita tersebut meninggalkan pos namun kemudian kembali dan melakukan penyerangan anggota terhadap anggota yang ada di pos jaga dengan melakukan penembakan sebanyak enam kali, dua kali kepada anggota yang di dalam pos, dua kali yang ada di luar, dan menembak lagi kepada anggota yang di belakangnya,” ujar Listyo.

Mengetahui aparat yang berjaga diserang, aparat kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur kepada ZA. Wanita kelahiran 14 September 1995 seketika tewas terkena timah panas petugas. “Terhadap tindakan tersebut, dilakukan tindakan tegas terukur,” kata Listyo.

Lone Wolf

Listyo menyebutkan, aksi teror yang dilakukan perempuan berusia 25 tahun itu seorang diri atau lone wolf. Berdasarkan hasil pendalaman, demikian Kapolri, ZA berideologi radikal ISIS. Hal ini setelah Polri menelusuri identitas pelaku.

BACA JUGA: Teroris Beraksi di Mabes, Herman Herry: Sinyal Darurat Bagi Polri, BNPT, dan BIN

“Berdasarkan indentifikasi sidik jari dan ternyata identitasnya sesuai, kemudian hasil profiling yang bersangkutan, maka yang bersangkutan adalah tersangka. Pelaku lown wolf yang berideologi radikal ISIS, dibuktikan dari postingan yang bersangkutan di sosial media,” kata Listyo.

Listyo mengakui, usai dilakukan tindakan tegas dan terukur, Polri langsung melakukan pengecekan terhadap pelaku teror. Saat melancarkan aksinya, pelaku membawa map kuning, yang dibertuliskan kata-kata.

Selain itu, Polri juga melakukan penelusuran digital terhadap pelaku. Hasilnya menemukan unggahan yang diduga bendera ISIS.

“Diposting 21 jam lalu, dimana di dalamya ada bendera ISIS dan ada tulisan terkait dengan masalah bagaimana perjuangan jihad,” beber Listyo.

Listyo mengakui, pelaku mendatangi Mabes Polri sekitar pukul 16.30 WIB. Dia sempat melakukan penembakan terhadap aparat kepolisian yang bertugas di pos pengamanan.

“Melakukan penembakan sebanyak enam kali, dua kali kepada anggota yang di dalam pos, dua kali yang ada di luar, dan menembak lagi kepada anggota yang di belakangnya,” pungkas Listyo. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top