Operasi Semana Santa, Polres Belu Siaga Amankan Paskah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Operasi Semana Santa, Polres Belu Siaga Amankan Paskah


Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Operasi Semana Santa, Polres Belu Siaga Amankan Paskah


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Jajaran Polres Belu didukung intansi terkait lainnya siaga mengamankan hari raya Paskah 2021. Pengamanan dilakukan dengan menggelar Operasi Semana Santa Ranakah dan mendirikan dua pos pengamanan di Gereja Katedral Atambua dan Gereja Policarpus. Tim pengamanan Paskah Polres Belu didukung TNI dan stakeholders lainnya mengamankan perayaan Paskah selama 15 hari, terhitung sejak 25 Maret hingga 8 April 2021.

“Tim Operasi Semana Santa selalu siaga sejak Minggu Palma dan selama Paskah ini. Tujuannya agar umat Nasrani dapat menjalankan ibadah dengan tenang, aman, damai, dan lancar dengan tetap patuh protokol kesehatan,” tandas Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, kepada media ini di Atambua, Kamis (1/4).

Menurut Khairul, pelaksanaan ibadah menyambut hari raya Paskah 2021 diyakini berjalan aman dan lancar sejak Minggu Palma dan selama hari raya Paskah.

Khairul mengatakan, selain turun memantau langsung di lapangan, Ia juga menerima laporan dari perwira pengendali pengamanan, jajaran Kapolsek di setiap lokasi rumah ibadah yang melangsungkan peribadatan.

Dikatakan, dalam operasi pengamanan ini, Polres Belu mendapat dukungan personil TNI, Dishub Darat, Orang Muda Katholik (OMK), THS-THM serta mitra kamtibmas lainnya. Semua bersinergi secara baik untuk menjamin kelancaran ibadah setiap titik perayaan. Pihaknya juga tetap melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan agar tidak menciptakan klaster baru.

“Setiap perkembangan di lapangan tentunya dilaporkan. Hasilnya dari pengamatan di lapangan dan laporan yang diterima untuk misa Minggu Palma dan kebaktian di gereja Protestan berjalan aman dan lancar,” tandas mantan Kapolres Sumba Barat ini.

Khairul berharap kerja sama yang baik seluruh masyarakat khususnya umat Nasrani agar selama menjalankan ibadah tetap berlangsung kondusif dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terkait pembentukan dua pos Pam masing-masing di gereja Katedral dan gereja Polycarpus Atambua, demikian Khairul bertujuan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat bilamana ada gangguan kamtibmas, sebelum, selama, dan sesudah perayaan Paskah.

“Masing-masing Pos Pam ditempati anggota yang dipimpin seorang perwira. Pos itu juga dilengkapi buku mutasi, peta geografi demografi, peta maping kerawanan daerah serta kendaraan bermotor,” bebernya.

Khairul menambahkan, keberadaan pos Pam ini juga untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas juga untuk mencegah munculnya klaster baru Covid-19, dimana petugas hadir untuk mengawasi dan mengimbau masyarakat tetap patuh protokol kesehatan. (Mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top