Pastikan Keamanan, Kapolda NTT Pantau Pengamanan di Gereja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pastikan Keamanan, Kapolda NTT Pantau Pengamanan di Gereja


PANTAU. Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif (tengah) didampingi Kapolres Kupang Kota, AKBP. Satrya Perdana P. T. Binti saat memantau pengamanan di Gereja St. Yoseph Naikoten di Kota Kupang, Kamis (1/4) petang. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pastikan Keamanan, Kapolda NTT Pantau Pengamanan di Gereja


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Jelang perayaan Paskah 2021, Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif turun langsung memantau pengamanan di sejumlah tempat ibadah di Kota Kupang. Tempat ibadah yang dikunjunggi Kapolda Latif, yakni Gereja Katedral Kristus Raja Kupang dan Gereja St. Yoseph Naikoten di Kota Kupang, Kamis (1/4).

Dalam pemantauan tersebut, Kapolda Latif didampingi Karorena Polda NTT, Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, Karolog Polda NTT Kombes Pol. Yayat J. Atkawijaya, Dansat Brimboda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. T. Binti, dan Koorspripim Polda NTT, Kompol Warsono.

Dalam pemantauan itu Kapolda bertemu dan berdialog dengan pengurus Gereja Katedral, Albertus Doa dan Ketua Panitia Paskah wilayah 1 Paroki St. Yoseph Naikoten, Bala Lamanepa.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini juga melihat secara langsung kesiapan gereja dan penerapan prokes saat perayaan misa berlangsung.

Kapolda Latif mengatakan bahwa pemantauan ini dilakukan dalam rangka Operasi Samana Santa Ranakah 2021. “Saat ini Polda NTT dan jajaran sendang melaksanakan Operasi Samana Santa Ranakah 2021. Ini merupakan operasi rutin untuk mengamankan kegitan ibadah perayaan hari Paskah bagi umat Nasrani,” ujar Kapolda Latif.

Terhadap peristiwa penyerangan di Mabes Polri, Kapolda NTT menjelaskan bahwa itu merupakan salah satu konsen Polri saat ini. Untuk memberikan penguatan dan pengamanan kegiatan yang ada.

“Kita mengecek pengamanan internal gerejanya bagaimana dan pengamanan dari Polri. Tentu saja kita terus berkoordinasi. Kita terus mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi,” katanya.

Bila ada hal-hal yang memang perlu diinformasikan, kata Irjen Latif, agar secepatnya diinformasikan. “Jika ada hal yang mencurigakan jangan ragu untuk melaporkan untuk ditindak lanjuti,” pesannya kepada masyarakat.

Irjen Latif juga menegaskan kepada untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama dengan saling menghargai dan jangan muda terprovokasi dengan isu-isu hoax di masyarakat.

“Cek dulu kebenaran informasi tersebut karena informasi yang kita sebarkan bisa memberikan dampak buruk seperti rasa ketakutan yang berpebihan dan hal-hal yang menyebabkan provokasi di masyarakat,” pintanya.

Untuk diketahui pengamanan di semua tempat ibadah mulai diperketat. Pesonil polisi dikerahkan untuk melakukan pemantauan. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top