Anggaran Paskibra Kota Rp 1,4 Miliar Tak Terkena Refocusing, Dispora Mulai Perekrutan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Anggaran Paskibra Kota Rp 1,4 Miliar Tak Terkena Refocusing, Dispora Mulai Perekrutan


UPACARA. Upacara memperingati hari kemerdekaan RI Pada 17 Agustus 2020 lalu, di Balai Kota Kupang. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Anggaran Paskibra Kota Rp 1,4 Miliar Tak Terkena Refocusing, Dispora Mulai Perekrutan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang, Filmon Lulupoy mengatakan, anggaran senilai Rp 1,4 miliar lebih untuk perekrutan pelatihan bagi anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Kupang pada peringatan HUT RI tahun ini tak terkena refocusing. Dengan demikian, Dispora menjamin pelaksanaan upacara HUT ke-76 Republik Indonesia (RI), 17 Agustus 2021, bakal berlangsung dengan aman dan lancar.

“Tentu pelaksanaan upacara itu tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Filmon saat diwawancarai media ini, Sabtu (27/3) pekan lalu.

Menurut Filmon, anggaran untuk Paskibra Kota Kupang itu telah disetujui dalam pembahasan anggaran murni tahun 2021. “Jadi anggaran ini nantinya digunakan untuk menunjang semua kegiatan, mulai dari perekrutan, karantina, pelatihan sampai pada pelaksanaan upacara tidak di-refocusing,” jelas Filmon.

Filmon menyebutkan, pada 2020 lalu, anggaran untuk Paskibra terkena refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19, selain itu juga karena pelaksanaan upacara HUT RI di Kota Kupang tak dilaksanakan.

“Jadi pada tahun 2020 kemarin, pemerintah pusat menginstruksikan agar perayaan 17 Agustus memperingati hari kemerdekaan RI digelar dengan sederhana tanpa adanya kerumunan, dan pasukan pengibar bendera pun terbatas,” sebutnya.

Menurut Filmon, pihaknya saat ini tengah melakukan perekrutan di sekolah-sekolah di Kota Kupang. “Jadi tahun ini karena dananya tidak di-refocusing, maka kami sudah mulai tahapan perekrutan di sekolah-sekolah di Kota Kupang, khusus untuk SMA dan SMK,” kata Filmon.

Filmon menambahkan, dalam perekrutan dan pelatihan anggota paskibra ini, pihaknya berkoordinasi dengan Pemprov NTT dan Kemenpora.

“Kami juga bekerjasama dengan pelatih dari unsur TNI dan Polri untuk melatih para anggota paskibra. Jadi setelah diseleksi di sekolah-sekolah, baru peserta hasil seleksi itu kita karantina,” pungkasnya. (Mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top