Kapolres Rote Ndao Bertemu Tokoh Lintas Agama, Pengamanan Berlapis Amankan Rumah Ibadah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kapolres Rote Ndao Bertemu Tokoh Lintas Agama, Pengamanan Berlapis Amankan Rumah Ibadah


TEMU TOKOH LINTAS AGAMA. Pertemuan Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto dengan sejumlah tokoh agama, di ruang kerja Kapolres, Rabu (31/3). (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Kapolres Rote Ndao Bertemu Tokoh Lintas Agama, Pengamanan Berlapis Amankan Rumah Ibadah


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto, menggagas pertemuan dengan tokoh/lintas agama, Rabu (31/3) guna menyikapi kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) lalu. Pertemuan tersebut sebagai upaya untuk memberi rasa aman dan nyaman dalam perayaan Paskah bagi umat Kristiani di Rote Ndao.

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kapolres, Rabu (31/3), menghadirkan sejumlah tokoh agama. Baik tokoh Muslim, Kristen, dan Katholik. Mewakili umat muslim, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kabupaten Rote Ndao, H. Ahmad P. Kosso, imam Masjid Al-Ikwan Ba’a, Ustad Sofya beserta pemuda Remaja Masjid (Remas) Ba’a, Abdurahman Kiah dan Ambri Gani.

Sementara dari umat Kristiani, hadir Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pdt. Benyamin Zacharias, Pdt. Denny J. Selan, dan Romo Peter Seto Dai. Selain para tokoh agama, ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Daniel Babu, juga diundang. Dalam pertemuan tersebut, Kapolres dan para tokoh ini membahas upaya antisipasi terjadinya tindakan intoleransi di wilayah itu.

“Ini merupakan upaya kami di wilayah hukum Polres Rote Ndao, dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan kepada saudara-saudara kami umat Kristiani merayakan Paskah,” kata AKBP Felli Hermanto, melalui Kasubag Humas, AIPTU Anam Nurcahyo, saat dikonfirmasi TIMEX, Kamis (1/4).

Kapolres Felli, kata Anam, menyatakan rasa keprihatinan dan duka cita terhadap peristiwa bom bunuh diri di Makassar yang sudah menciderai rasa kemanusiaan bangsa Indonesia yang majemuk juga toleran.

Sehingga untuk Rote Ndao, kutip Anam, Kapolres menitipkan pesan kepada para tokoh agama agar mengingatkan setiap umat tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Sekaligus tidak ikut-ikutan atau terprovokasi dengan kejadian bom bunuh diri yang sudah terjadi.

“Peristiwa di Makassar sangat memprihatinkan, tapi jangan membuat kita resah. Sebab, mekanisme pengamanan dan penyelidikan sedang berjalan untuk mengungkap sejelas-jelasnya aktor di balik aksi teror itu. Dan khusus kita di Rote Ndao, jangan sampai terpancing dengan hal itu,” kata Anam mengutip pesan Kapolres Felli.

Untuk pelaksanaan kebaktian yang dilakukan umat Kristiani saat perayaan Paskah, Kapolres Felli, juga meminta untuk dilakukan seperti biasanya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pengamanan akan dilakukan aparat keamanan di tempat-tempat ibadah melalui kegiatan patroli juga penjagaan.

“Dengan dukungan semua pihak, Polres Rote Ndao selalu menjamin Kamtibmas agar tetap kondusif. Apalagi menjelang dan merayakan Paskah,” kata Anam, yang mengaku dalam pertemuan tersebut Kapolres Felli, didampingi oleh Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, IPTU Mathias David Maakh.

Terpisah, Wakapolres Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, mengatakan, pengamanan berlapis akan dilakukan pihaknya bersama anggota TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). Hal tersebut disampaikanya, saat ditemui TIMEX, Rabu (31/3) di Kantor Bupati Rote Ndao, usai menghadiri kegiatan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Pengamananya secara berlapis akan dilakukan oleh aparat TNI/Polri, yang dibantu Sat Pol PP, juga pemuda Remaja Masjid,” kata Kompol I Nyoman Surya Wiryawan.

Menurutnya, Polres Rote Ndao telah menyiagakan personil untuk melaksanakan pengamanan jalanya kebaktian di sejumlah gereja di Rote Ndao. Pengamanan ini juga dalam rangka operasi Samana Santa Ranakah 2021 dan juga mengantisipasi gangguan Kamtibmas, pasca bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar.

“Jumlahnya mencapai ratusan personil, setelah berkoordinasi dengan pihak TNI AD dan AL, termasuk dari kami Kepolisian, yang mulai dilaksanakan dari perayaan Kamis Putih, Jumat Agung hingga perayaan Paskah. Ada juga pengamanan dari internal gereja yang sudah dipersiapkan,” kata Wakapolres Nyoman Surya Wiryawan. (Mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top