Banjir dan Genangan Kepung Kota Kupang, Longsor dan Pohon Tumbang di Fontein | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Banjir dan Genangan Kepung Kota Kupang, Longsor dan Pohon Tumbang di Fontein


LONGSOR FONTEIN. Longsor dan pohon tumbang meninpa teras rumah keluarga Wie Lawa di wilayah RT 10 Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Kupang, Kota Kupang, Sabtu (3/4) pagi. (FOTO: YOEL MANAFE for TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Banjir dan Genangan Kepung Kota Kupang, Longsor dan Pohon Tumbang di Fontein


Kali Gua Lordes Meluap Masuk RS Bhayangkara

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang yang melanda Kota Kupang dan sekitarnya sejak semalam membuat sejumlah titik stategis Kota Kasih ini tergenang air bahkan banjir di jalanan.

Di Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, tepatnya di RT 10, RW 4, terjadi longsor dan pohon tumbang. Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa dalam musibah ini, kecuali merusak bangunan warga setempat.

Yoel Manafe, warga RT 10, Keluraham Fontein kepada TIMEX, Sabtu (3/4) siang mengatakan, akibat hujan yang mengguyur wilayah itu sejak malam hingga siang ini menyebabkan longsor dan pohon tumbang, tepatnya di wilayah RT 10/RW 4. Pohon yang tumbang akibat longsor itu menimpa rumah warga.

“Rumah milik Ibu Yuliana Leo Paitiba tertipa longsor dari penahan tebing rumah milik Bapa Kolo,” ungkap Yoel.

Tak cuma itu saja. Menurut Yoel, pohon yang jatuh juga menimpa teras rumah keluarga Wie Lawa dan Rumah Noh Ludji. Longsor ini mengakibatkan warga setempat harus ekstra waspada karena kondisinya cukup parah.

BACA JUGA: Tanah Longsor di Mantasi, 5 Rumah Warga dan PAUD Terancam Roboh

Yoel menyebutkan, akibat peristiwa itu, warga setempat telah menyampaikan ke Ketua RT 10, Albert Wie Lawa dan Ketua RW 4, Yulius Kore untuk melakukan koordinasi ke Lurah Fontein Yosep Suhardin. Lurah Yosep langsung meninjau lokasi dan berkoordinasi dengan BPBD dan Polsek setempat, dan sementara melakukan koordinasi untuk pemberian bantuan tanggap darurat bagi keluarga yang menjadi korban tanah longsor ini.

Kali Gua Lordes yang meluap menyebabkan banjir menggenangi Jl. Cak Doko, Kelurahan Oebobo, Kota Kupang, Sabtu (3/4). (FOTO: ISTIMEWA)

Sementara itu, dari sejumlah rekaman video warga yang beredar, banjir dan genangan terjadi di mana-mana di wilayah Kota Kupang. Bahkan RS Bhayangkara Drs. Titus Uly Kupang ikut tergenang banjir akibat kali Gua Lordes yang meluap ke jalanan hingga menerobos area rumah sakit. Air menggenangi Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSB Kupang sehingga membuat petugas rumah sakit harus mengeluarkan tenaga ekstra membersihkan ruangan yang tergenang banjir.

Banjir yang meluap dari Kali Gua Lordes juga tak cuma menggenangi RS Bhayangkara. Namun juga menggenangi seluruh halaman depan SMA Negeri 1 Kupang hingga setinggi lutut orang dewasa.

Tina, warga yang tinggal di seputaran Gua Lordes mengimbau warga yang melintas di Jl. Cak Doko untuk berhati-hati karena air yang meluap ke jalan cukup deras. Bahkan sempat ada pengendara sepeda motor yang terjatuh karena derasnya arus air.

Pantauan media ini, di Jln HR Koreh dari arah Kelurahan Sikumana hingga ke Kelurahan Oepura, banjir menggenangi jalan raya sehingga cukup mengganggu arus lalulintas. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Kelurahan Oesapa. Air menggenangi ruas jalan Timor Raya  sehingga mengganggu arus lalu lintas setempat. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top