BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis, Bisa Picu Cuaca Ekstrem | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis, Bisa Picu Cuaca Ekstrem


BANJIR ROB. Kawasan perkantoran dan pelabuhan Ba'a, Kabupaten Rote Ndao tergenang banjir rob akibat gelombang pasang yang terjadi Sabtu (3/4). (FOTO: ISTIMEWA)

PERISTIWA/CRIME

BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis, Bisa Picu Cuaca Ekstrem


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya adanya dua bibit siklon tropis. Yakni Bibit Siklon Tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra, dan Bibit Siklon Tropis 99S di di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat. Namun, pergerakannya menjauhi wilayah Indonesia. “Cenderung menguat dalam 24 jam ke depan,” ungkap Guswanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/4).

Meskipun diprakirakan menjauhi wilayah Indonesia, secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Dengan begitu, keberadaan bibit siklon tersebut dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Pusaran bibit Siklon Tropis 99S yang terdeteksi di di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur. (FOTO: BMKG)

“Potensi gelombang tinggi lebih dari 4 meter diprediksi terjadi di wilayah perairan barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan P. Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, dan Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Selatan Jawa Barat,” imbuhnya.

Guswanto juga memperkirakan adanya potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia. Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan.

Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Selanjutnya Kalimantan Utara Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sedangkan untuk potensi hujan sangat lebat, BMKG memprakirakan hal itu dapat terjadi di wilayah meliputi Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk potensi angin kencang, wilayah yang diprediksi akan mengalaminya seperti Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan. “Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati,” pungkas Guswanto. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top