Pemkab dan PN Rote Ndao Perpanjang MoU dari 1 Tahun Menjadi 3 Tahun | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab dan PN Rote Ndao Perpanjang MoU dari 1 Tahun Menjadi 3 Tahun


TEKEN MoU. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu melakukan penandatangan MoU tentang pelayanan kesehatan dengan PN Kelas II Rote Ndao, bertempat di ruang kerja bupati, Selasa (30/3). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pemkab dan PN Rote Ndao Perpanjang MoU dari 1 Tahun Menjadi 3 Tahun


Tentang Pelayanan Kesehatan di Lingkup PN Rote Ndao

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Rote Ndao, Beauty DE Simatauw, melakukan penandatanganan kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pelayanan Kesehatan. MoU antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan PN Kelas II Rote Ndao itu disepakati selama tiga tahun, dimana sebelumnya hanya berlaku selama setahun.

Perubahan tersebut mulai diberlakukan kembali saat MoU yang disepakati secara bersama-sama itu habis masa berlakunya pada pertengahan Maret lalu. MoU yang diperpanjang ini merubah rentang waktu yang tadinya hanya setahun menjadi tiga tahun.

“Perubahanya hanya pada masa berlaku saja. Yang sebelumnya satu tahun saat ini menjadi tiga tahun,” kata Ketua PN Kelas II Rote Ndao, Beauty DE Simatauw, usai penandatanganan MoU bersama Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, di ruang kerja bupati, Selasa (30/3).

Beauty menjelaskan, MoU yang diperpanjang bersama Pemkab Rote Ndao ini difokuskan terhadap pelayanan kesehatan di lingkup lembaga yang dipimpinnya, dimana waktu pelayanan yang dituangkan dalam kesepakatan adalah selama tiga jam sehari.

Hal tersebut diakuinya sebagai hasil koordinasi dan komunikasi yang dibangun bersama Pemkab yang akhirnya membuat kata sepakat dan dituangkan dalam bentuk MoU.

“Waktu pelayanan 3 jam dalam sehari. Dan itu dilakukan secara merata kepada semua pencari keadilan, termasuk hakim dan pegawai kami,” kata Beauty.

Terkait teknis pelayanan kesehatan yang disepakati, menurut Beauty, dilakukan setiap hari Senin hingga Kamis, dengan waktu pelayanan, dari pukul 09.00-12.00 wita. Pelayanan ini terus dilakukan hingga tahun 2023 nanti.

Beauty berharap pelayanan kesehatan yang terbaik terus diberikan oleh tenaga kesehatan, sebagaimana yang telah terjalin sebelumnya di tahun 2020 lalu. Dengan demikian setiap pencari keadilan mendapatkan pelayan melalui penempatan tenaga kesehatan juga sarananya di lingkungan PN Rote Ndao.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu mengatakan, dalam kesepahaman bersama itu, pemerintah menyediakan tenaga serta peralatan kesehatan. Tuga mereka adalah melakukan pelayanan kesehatan sebagaimana yang dibutuhkan di lingkup PN Rote Ndao.

Bupati Paulina menyebutkan, tenaga kesehatan yang ditempatkan berupa seorang dokter juga tenaga medis lainnya. Hal ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu setelah penandatanganan MoU pertama.

“Tenaganya dari Dinas Kesehatan yang ditempatkan kembali. Satu dokter dibantu oleh tenaga kesehatan lainnya,” jelas Bupati Paulina.

Bupati Paulina berharap pelayanan terbaik sebagaimana yang dihirapkan dapat dilakukan dengan baik. “Tentu pelayanan yang baik adalah harapan semua orang, termasuk kami pemerintah,” kata Bupati Paulina.

Sedangkan terhadap ruang lingkup pelayanan kesehatan, sebagalaimana dalam MoU tersebut meliputi, prosedur pelayan, tata laksana, jenis pelayanan, pemberian resep obat sesuai pedoman pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat. Hal ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmen) Nomor: 125/Menkes/SK/II/2008 tentang pedoman penyelenggaraan program jaminan kesehatan masyarakat, dan pemberian informasi tentang pelayanan kesehatan.

“Ruang lingkupnya sudah diatur hingga pemberian resep obat yang mengacu pada pedoman pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat,” tambah Sekretaris Daerah (Sekda) Rote Ndao, Jonas M. Selly. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top