Kota Kupang Darurat Bencana, Pemkot Bangun 2 Dapur Umum | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kota Kupang Darurat Bencana, Pemkot Bangun 2 Dapur Umum


Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Kota Kupang Darurat Bencana, Pemkot Bangun 2 Dapur Umum


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang akhirnya menetapkan status siaga darurat bencana akibat hujan angin yang menyebabkan banjir dan rumah-rumah tergenang disertai longsor serta pohon tumbang di sebagian besar wilayah ini.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, saat diwawancarai TIMEX, Minggu (4/4), mengungkapkan, saat ini pihaknya sementara menyusun Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kupang untuk menetapkan status siaga darurat di Kota Kupang.

Dia menjelaskan, saat menerima laporan dari masyarakat terkait adanya bencana, Pemkot Kupang melalui BPBD dan dinas teknis lainnya langsung sigap dan turun ke lokasi bencana.

“Sampai saat ini kami juga belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian yang diakibatkan dari bencana ini, dan juga berapa masyarakat yang menjadi korban. Tetapi untuk sementara pemerintah akan terus melakukan upaya untuk penanganan pertama,” kata Herman Man.

Pemkot Kupang, demikian Herman Man, tetap memprioritaskan untuk melakukan penyelamatan dan menjamin keamanan bagi masyarakat. Sementara untuk bantuan material rumah dan lainnya masih akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita akan segera menetapkan status siaga darurat di Kota Kupang sehingga dapat menggunakan anggaran belanja tidak terduga atau BTT untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang mengalami bencana. Terutama bagi mereka yang kondisinya berat,” ujarnya.

Guna membantu masyarakat, lanjut Herman Man, saat ini Pemkot sudah menyiapkan dua dapur umum untuk menangani situasi darurat ini. Dapur umum dibuat di Kelurahan Lasiana dan Pasir Panjang.

“Kami berjanji, besok kami sudah bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang paling utama logistik dan kebutuhan dasar lainnya. Yang paling penting adalah tolong manusianya dulu,” ujarnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top