Angin Terbangkan Atap 9 Rumah Warga di Baumata Barat, Puluhan Rusak Ringan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Angin Terbangkan Atap 9 Rumah Warga di Baumata Barat, Puluhan Rusak Ringan


TANPA ATAP. Salah satu rumah warga di kompleks Perumahan Baumata Indah Permai, Desa Baumata Barat yang atapnya diterbangkan angin Badai Seroja pada Senin (5/4) dinihari. (FOTO: MARTHEN BANA/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Angin Terbangkan Atap 9 Rumah Warga di Baumata Barat, Puluhan Rusak Ringan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Siklon tropis yang melanda sebagian besar wilayah NTT telah membawa dampak kerusakan yang luar biasa. Korban jiwa manusia dan harta berta tak terelakkan. Di wilayah Kabupaten Kupang, selain banjir menggenangi rumah-rumah warga dan lahan pertanian, angin juga menerbangkan atap rumah warga. Tepatnya di wilayah Perumahan Baumata Indah, Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, sebanyak sembilan rumah warga rusak berat. Sementara puluhan rumah lainnya rusak ringan. Rumah yang rusak berat itu atapnya diterbangkan angin kencang pada Senin (5/4) dinihari.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Mereka yang rumahnya rusak berat mengungsi ke tetangga terdekat. Sementara puluhan rumah yang rusak ringan itu kebanyakan satu dua lembar seng terlepas, ada yang sengnya terangkat, plafon bagian teras rontok, dan kerusakan ringan lainnya. Jaringan listrik dan telepon juga tak luput dari badai yang dinamai Seroja ini.

Pantauan TIMEX di seputaran Perumahan Baumata Indah Permai, warga bergotong royong membantu memindahkan puing-puing rumah yang atapnya diterbangkan angin hingga puluhan meter. Ada yang menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang, sebagian lagi nampak menaiki atap rumah untuk menambahkan paku di seng.

Salah seorang tokoh masyarakat di Perumahan Baumata Indah, Yeri Ledoh menyebutkan, rumah warga yang atapnya diterbangkan angin itu terjadi pada Senin (5/4) dinihari. “Kita bersyukur tidak ada yang menjadi korban dalam musibah ini. Yah kita semua saling waspada agar tidak terjadi sesuatu yang menimpa warga di sini (Baumata Barat, Red),” kata Yeri.

Ketua RT 03, Desa Baumata Barat, Orias Benu kepada media ini membenarkan banyak rumah warga di wilayahnya yang rusak baik rusak ringat maupun rusak berat. Orias mengaku sempat memantau ke kompleks perumahan itu, dan banyak rumah yang rusak, baik kategori ringan maupun berat. Jaringan listrik dan telp juga banyak yang terputus karena terpaan angin badai Seroja, pada Senin (5/4) dinihari.

Saat ditanyai Orias menyebutkan pihaknya belum bisa menginformasikan ke kepala desa karena terganggu jaringan telepon. “Kami baru infokan ke pak Pendeta di Gereja Bukit Kasih, sementara ke kepala desa belum karena sinyal susah. Kita juga bantu evakuasi barang-barang warga yang rumahnya rusak berat ke rumah tetangga untuk berlindung sementara,” katanya. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top