Bank NTT Buka Donasi untuk Bencana di NTT, Dirut Alex: Kami Siapkan Rp 2 Miliar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bank NTT Buka Donasi untuk Bencana di NTT, Dirut Alex: Kami Siapkan Rp 2 Miliar


Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho. (FOTO: STENLY BOYMAU/TIMEX)

BISNIS

Bank NTT Buka Donasi untuk Bencana di NTT, Dirut Alex: Kami Siapkan Rp 2 Miliar


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Manajemen Bank NTT bergerak cepat, membuka kanal donasi kepada warga yang terdampak bencana alam akibat tanah longsor, banjir bandang, dan korban angin kencang di sejumlah wilayah di Provinsi NTT.

“Bencana yang terjadi di beberapa wilayah di NTT mengakibatkan puluhan warga meninggal dunia serta ribuan lainnya mengungsi. Banyak warga terkubur lumpur, beberapa sudah ditemukan sedangkan masih ada yang belum. Belum lagi rumah-rumah mereka rusak parah. Sehingga bertolak dari maslaah kemanusiaan itulah, Bank NTT menggelar aksi pemberian donasi,” ungkap Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, kepada Timor Express, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/4).

Adapun kanal yang dimaksud, kata Dirut Alex, adalah Bank NTT menyiapkan nomor rekening khusus untuk memudahkan dalam pernyataan kepedulian terhadap masalah kemanusiaan ini. Rekening yang disiapkan Bank NTT yakni pada Kantor Cabang Khusus dengan nomor rekening: 1000742078 atas nama BANK NTT PEDULI.

Untuk diketahui, aksi kemanusiaan ini bukan yang pertama, melainkan untuk yang kesekian kalinya. Menurut Alex, rekening ini dibuka sejak 5 April, dan akan ditutup pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

Alex berharap agar siapapun bisa memanfaatkan kesempatan ini, untuk memberi demi kemanusiaan. Karena, tak terhitung berapa banyak warga yang terdampak akibat Badai Siklon Tropis Seroja ini. “Saya tekankan bahwa donasi ini adalah bukti kepedulian serta kepekaan manajemen Bank NTT terhadap masalah kemanusiaan sekaligus komitmen kuat dari Bank NTT untuk ikut membangun provinsi ini,” ujar Alex.

Untuk mewujudkan visinya sebagai SMART BANK, maka Bank NTT sudah hadir dalam transaksi layanan digital, yakni melalui M-Banking. Dan, calon donatur pun bisa memanfaatkan layanan ini, untuk mentransfer bukti kasih mereka pada warga terdampak bencana.

Salah satu bukti transparansi dalam mengelola donasi kemanusiaan ini adalah, selalu ada update data terakhir donatur, yang dilansir di media cetak. Setiap hari, selalu ada laporan nama donator dan total donasi, sehingga masyarakat tidak perlu ragu karena manajemen Bank NTT terbuka  dalam pengelolaannya. Tak hanya itu, nanti dalam seremoni penyerahan pun akan terpublikasi baik itu total jumlah donasi maupun pihak penerima.

Terkait aksi ini, Alex menginfornasikan bahwa dalam Festival Ekonomi Digital Indonesia yang berlangsung Rabu (7/4) besok, yang digelar secara online, dalam meeting itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, akan memimpin sebuah aksi yakni donasi untuk meringankan masalah kemanusiaan di NTT.

“Saya barusan dihubungi bahwa banyak pihak ikut respek, peduli bahkan ikut terpanggil untuk membantu menangani masalah kemanusiaan akibat badai yang terjadi di NTT. Sehingga dalam rangkaian Festival Ekonomi Digital Indonesia yang berlangsung Rabu besok secara online, akan dialokasikan khusus untuk donasi bersama. Jadi seluruh peserta akan diberi waktu untuk memberikan donasi sebagai bentuk rasa simpati dan peduli terhadap kondisi yang menimpa NTT,” ungkap Alex sembari berharap semoga simpati, respek, dan kepedulian ini menjadi kekuatan bagi masyarakat NTT untuk bangkit dari musibah ini.

Baginya, donasi ini menggunakan layanan QRIS sehingga lebih efektif kepada semua peserta untuk memberikan donasi kepada masyarakat NTT. “Ini sebuah perhatian yang luar biasa. Terimakasih kepada ibu Destry, serta seluruh insan Bank Indonesia baik di pusat maupun NTT. Kami sangat menghormati, bahkan terharu dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh BI,” ujar Alex.

Alex menambahkan, Bank NTT juga melihat dan ikut merasakan langsung dampak badai ini. Oleh karena itu, pihaknya hingga Selasa (6/4), memastikan operasional Bank NTT baik berupa kantor, ATM dan layanan lainnya semua sudah berjalan baik.

“Dan terkait dengan aksi donasi ini, kami menyediakan senilai Rp 2 miliar, dan akan berkoordinasi dengan Pemprov, Pemkab dan Kota untuk alokasinya secara tepat dan benar. Kami menggalang dukungan dengan membuka rekening peduli, untuk menampung pihak-pihak yang memberikan sumbangan baik tunai maupun non tunai. Sehingga sumbangan yang ada, akan disampaikan ke pemeirntah,” pungkasnya.  (boy)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top