Tinjau Lokasi Bencana di Adonara, Mensos Risma Jalan Kaki 2 Km | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau Lokasi Bencana di Adonara, Mensos Risma Jalan Kaki 2 Km


JALAN KAKI. Mensos Tri Rismaharini (tengah) didampingi Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif (kedua kanan) dan Bupati Flotim, Anton G. Hadjon (kedua kiri) berjalan kaki menuju lokasi terparah banjir bandang di Pulau Adonara, Flotim, Selasa (6/4). (FOTO: IMANUEL FOR TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Tinjau Lokasi Bencana di Adonara, Mensos Risma Jalan Kaki 2 Km


Turun Langsung ke Dapur Umum dan Bertemu Warga Korban Bencana

ADONARA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini terbang ke lokasi bencana alam di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Kabupaten Lembata, dan bertemu warga yang menjadi korban bencana, Selasa (6/4).

Mensos mengawali kegiatannya dengan rapat secara daring dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Saat itu Mensos yang didampingi Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH M.Hum, dan Bupati Flotim, Anton G. Hadjon meminjam Puskesmas Waiwerang untuk melakukan rapat dengan Presiden RI.

Mensos melaporkan perkembangan penanganan bencana di dua kabupaten tersebut. Mensos dan Kapolda NTT kemudian menuju Kantor Camat Adonara Timur yang menjadi lokasi posko pengungsian dan dapur umum.

Di lokasi ini, Mensos Risma memantau persediaan bahan makanan bagi pengungsi. Risma memjnta stafnya segera membelanjakan bahan kebutuhan pokok yang masih kurang seperti beras, mi instan, telur, minyak goreng, air mineral, dan bahan makanan lainnya.

Mensos Risma terlihat turun memantau langsung aktivitas di dapur umum yang masih serba darurat itu. Di lokasi ini, Mensos sempat meneger anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan PKH serta pendamping sosial yang belum memaksimalkan dapur umum.

Mensos meminta pemerintah daerah, Polri dan TNI membantu peralatan dapur dan tenda sambil menunggu peralatan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Kepada Bupati Flotim, Mensos Risma minta disediakan air minum untuk membantu penyiapan makanan siap saji bagi pengungsi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Perintah 7 Pejabat Ini Tangani Bencana di NTT

Setelah dari dapur umum, Mensos Risma berjalan menyusuri lokasi bencana dan memantau lokasi Koramil Waiwerang dan rumah anggota Polsek Adonara Timur yang rusak berat dan hancur akibat tersapu banjir bandang.

Mensos yang didampingi Kapolda NTT, Irjen Lotharia Latif menyusuri lokasi permukiman warga yang luluh lantak karena rumah mereka tergerus banjir. Tak cuma itu, Risma bahkan nekad melintasi sungai dan jembatan darurat karena jembatan putus tersapu banjir.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif (kanan) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang di Pulau Adonara, Flotim, Selasa (6/4). (FOTO: IMANUEL FOR TIMEX)

Parahnya lokasi bencana ini, membuat Mensos harus berjalan kaki sepanjang dua kilometer untuk bisa menjangkau dan menyapa warga yang terkena musibah memilukan itu. Mensos Risma bahkan tiba di Desa Waiburak yang merupakan lokasi terparah bencana banjir bandang ini. Ia dan rombongan melintasi jalan yang terputus, lalu menyusuri jalan setapak baru bisa tiba di lokasi bencana.

Terhadap anak-anak dan ibu-ibu korban bencana, Mensos memberikan bantuan makanan dan mendengar keluhan warga setempat. Setelah dari lokasi ini, Mensos menumpang ojek ke lokasi yang sulit dilalui guna melihat langsung kondisi di lokasi banjir bandang.

Dari Pulau Adonara, Mensos Risma melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Lembata. Sementara itu, Kapolda NTT meninjau lima rumah anggota Polsek Adonara Timur yang rusak berat tersapu banjir bandang. Sejumlah batu besar dan endapan lumpur masih memenuhi lima asrama polisi ini. Asrama itu pun kosong karena anggota sudah mengungsi ke tempat aman.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT Irjen Latif menyalurkan bantuan bagi anggota dan warga masyarakat korban bencana alam. Bhayangkari Polres Flores Timur pun menyalurkan bantuan makanan, sembako, vitamin dan obat-obatan kepada lima anggota Polsek Adonara Timur maupun warga di sekitar kelurahan Waiwerang yang terkena dampak bencana alam. (il/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top