DPRD NTT Warning Pemerintah Terkait Dana BTT, Emi Nomleni: Gunakan Tepat Sasaran | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DPRD NTT Warning Pemerintah Terkait Dana BTT, Emi Nomleni: Gunakan Tepat Sasaran


Ketua DPRD NTT, Emelia Nomleni ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (7/4). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

POLITIK

DPRD NTT Warning Pemerintah Terkait Dana BTT, Emi Nomleni: Gunakan Tepat Sasaran


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dampak bencana alam akibat hujan lebat disertai angin kencang yang memorak-porandakan wilayah NTT menyebabkan banyak korban, baik korban jiwa hingga kerugian material.

Menyikapi hal ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTT mengingatkan pemerintah untuk memanfaatkan dana Bantuan Tak Terduga (BTT) secara baik dan tepat sasaran.

DPRD tidak menginginkan dana yang disediakan tersebut diselewengkan atau hanya diperuntukan untuk kelompok tertentu. Apalagi para pengelola meraup keuntungan dari dana tersebut untuk memperkaya diri.

Ketua DPRD NTT, Ir. Emelia J. Nomleni mengatakan dana tersebut disediakan melalui dana refocusing untuk prnanganan pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dana yang dipersiapkan untuk kebutuhan tak terduga tersebut sebesar Rp 57 miliar. Melihat kerugian akibat bencana alam tersebut diperkirakan dana tersebut masih kurang.

DPRD NTT juga menyatakan siap menggelorontorkan penambahan anggaran jika terjadi kekurangan, namun pengelola harus transparan soal pemanfaatan anggaran dan tidak boleh disalahgunakan, apalagi untuk kepentingan pribadi.

“Anggaran BTT juga harus tersalurkan, dimanfaatkan untuk penanggulangan bencana. DPRD mesti memastikan tepat sasaran. Tidak boleh satupun orang pengelola yang mengambil keuntungan dari dana ini,” tegas Emi.

Emi menjelaskan, dana tersebut bukan dana habis terpakai namun disediakan untuk kebutuhan-kebutuhan tak terduga sehingga anggaran tersebut bisa lebih bisa kurang. Jika lebih, maka anggaran tersebut harus dikembalikan.

“Sebelumnya kita tidak pernah membayangkan dan tidak pernah menduga bisa mengalami bencana alam sebesar ini, jadi dana tersebut kita alokasikan sebatas itu termasuk juga untuk pandemi. Tetapi kondisi saat ini semakin parah, maka kita akan bahas bersama lagi untuk penambahan dan lain-lainnya,” sebut Emi yang saat itu ditemani Wakil Ketua DPRD, Petrus Christian Mboeik.

Emi menambahkan, dengan kehadiran dan perhatian pemerintah pusat atas peristiwa ini, juga rencana kehadiran Presiden di NTT dan para menteri, diharapkan dapat membantu dan memberikan perhatian yang serius dalam mengintervensi anggaran. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top