Pakai 4 Heli Distribusi Bantuan Korban Bencana di NTT, Kepala BNPB: Aktifkan Pos Kamling | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pakai 4 Heli Distribusi Bantuan Korban Bencana di NTT, Kepala BNPB: Aktifkan Pos Kamling


VICON. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Lasikodat (ketiga kanan) dan unsur Forkopimda tengah mengikuti vicon yang dipimpin Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo di Posko Komando Tangkap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja Provinsi NTT, aula El Tari Kupang, Rabu (7/4) malam. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pakai 4 Heli Distribusi Bantuan Korban Bencana di NTT, Kepala BNPB: Aktifkan Pos Kamling


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meminta kepada pemerintah daerah mengaktifkan kembal Pos Kamling di lingkungan kelurahan maupun di kampung masing-masing.

Hal ini diminta atas pengalaman dan kisah yang diceritakan oleh salah satu Ketua RT di Kabupaten Alor, ketika mengevakuasi warganya yang tertidur lelap di malam hari dan selamat dari banjir bandang.

Dikatakan dari pengalaman tersebut, pemerintah bisa memfasilatasi agar diaktifkan kembali Pos Kamling karena banyak maanfaatnya. Tidak hanya mengantisipasi terjadinya pencurian namun juga bisa membangunkan warga sekitar jika terjadi kejadian yang terduga seperti bencana alam.

“Dari cerita Pak RT yang bisa menyelamatkan warganya ini Pemda mengaktifkan Pos Kamling sehingga mengantisipasi terjadinya bencana alam,” katanya dalam vicon Gubernur NTT, para Bupati se-NTT dan seluruh unsur yang terlibat dalam penanganan bencana alam di Posko Komando Tangkap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja Provinsi NTT, di aula El Tari Kupang, Rabu (7/4) malam.

Menurutnya, Pos Kamling saat ini tinggal diaktifkan serta mengaturkan sistem penjagaannya karena dengan petugas yang siaga dapat meminimalisir kasus Kamtibmas dan antisipasi bencana alam.

“Ini sangat membantu, ketika ada perkiraan cuaca dari BMKG sudah ada siagaa masyarakat melalui Pos Kamling itu,” ungkapnya.

Menanggapi masukan Kepala BNPB, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Lasikodat (VBL) pada kesempatan tersebut menyetujui dan menyanggupi untuk ke depan bisa mengaktifkan Pos Kamling di lingkungan kelurahan atau kampung.

Orang nomor satu di NTT itu mengaku akan mengaktifkan di 22 kota/kabupaten sehingga meminimalisir korban jiwa dan kasus-kasus lain di tengah masyarakat.

Selain itu membantu aparat TNI-Polri dalam penanganan kasus yang sering terjadi di wilayah NTT. “Ini masukan yang dangat baik dan kita akan tindaklanjuti,” tutur mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI itu.

Dalam vicon terkait penanggulangan bencana di NTT itu turut dilaporkan juga upaya-upaya dari semua unsur untuk memulihkan kondisi alam di NTT.

BNPD NTT juga turut melaporkan persiapan pendistribusian logistik ke sejumlah kabupaten menggunakan helikopter yang sudah stand by di Maumere sebanyak dua unit, di Kupang satu unit, dan satu unit di Sumba.

Selain itu strategi-stratrgi penyaluran bantuan, evakuasi korban dan pemulihan jaringan serta kerusakan vasikitas umum. (Mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top