Dinkes Kota Rapid Antigen Warga yang Mengungsi di Gereja Kaiserea | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinkes Kota Rapid Antigen Warga yang Mengungsi di Gereja Kaiserea


RAPID ANTIGEN. Dinkes Kota Kupang melakukan rapid test antigen massal di Gereja Kaisarea BTN Kolhua, Kamis (8/4). Rapid test ini dilakukan bagi masyarakat yang mengungsi ke gereja tersebut karena rumah mereka terkena bencana. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinkes Kota Rapid Antigen Warga yang Mengungsi di Gereja Kaiserea


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang melakukan rapid test antigen massal di Gereja Kaisarea, BTN-Kolhua, bagi masyarakat korban bencana badai Siklon Tropis Seroja yang mengungsi di gereja tersebut, Kamis (8/4).

Untuk diketahui, Gereja Kaisarea BTN Kolhua menjadi tempat mengungsi bagi warga korban bencana yang berdomisili di daerah Kelurahan Maulafa dan Kolhua.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, warga yang mengikuti rapid test antigen sebanyak 47 orang, dan bersyukur hasilnya negatif.

“Jumlah masyarakat yang sementara menempati Gereja Kaisarea sebanyak 92 orang termasuk di dalamnya anak-anak, jadi kami tim dari Dinas Kesehatan akan kembali melakukan rapid lanjutan di Gereja Benyamin Oebufu pada Jumat, 9 April,” katanya.

Retnowati menjelaskan, rapid antigen ini dilakukan dengan tujuan memastikan masyarakat yang mengungsi bebas dari Covid-19. Pasalnya akibat bencana, banyak warga harus mengungsi, dan terjadi perkumpulan banyak orang. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi klaster baru penularan virus korona.

Selain itu, kata drg. Retnowati, Dinkes Kota Kupang juga memberikan bantuan vitamin bagi warga. Puskesmas di kota akan turun memantau warga agar jangan sampai ada yang sakit pasca bencana.

“Saya sudah instruksikan agar masing-masing Puskesmas bisa melihat wilayah pelayanannya, misalnya Puskesmas Oesapa, ada beberapa tempat yang dijadikan sebagai lokasi pengungsian warga, jadi Puskesmas harus siaga memberikan pelayanan,” pintanya.

Retnowati menjelaskan, pasca bencana kemarin, semua Puskesmas tetap memberikan pelayanan sebagaimana biasa. Memang ada beberapa Puskesmas yang terkena dampak, misalnya plafon dan atapnya terbawa angin, namun tetap bisa melakukan pelayanan.

“Saya sudah periksa semua Puskesmas, dan memang kerusakannya dikategorikan kerusakan ringan. Jadi pelayanan harus tetap berjalan. Saya sudah instruksikan agar Puskesmas juga siaga,” kata drg. Retnowati.

Retnowati menambahkan, pelayanan di Puskesmas berjalan sebagaimana biasa termasuk pelayanan vaksinasi Covid-19. “Semua pelayanan berjalan normal, juga termasuk pelayanan vaksin, mereka sudah mulai layani vaksinasi,” katanya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top