Kunjungi Korban Bencana Banjir di Belu, Gubernur VBL: Pastikan Kesehatan Pengungsi Baik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunjungi Korban Bencana Banjir di Belu, Gubernur VBL: Pastikan Kesehatan Pengungsi Baik


PANTAU LANGSUNG. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan rombongan saat mengunjungi para korban bencana banjir di lokasi pengungsian Gereja GMIT Motamora, Rabu (7/4). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kunjungi Korban Bencana Banjir di Belu, Gubernur VBL: Pastikan Kesehatan Pengungsi Baik


167 KK Warga Desa Tasain Mengungsi ke Gereja Motamora

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), mengunjungi warga Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk yang menjadi korban banjir, dan kini sedang mengungsi di Gereja GMIT Motamaro, Rabu (7/4).

Para korban terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir akibat luapan sungai Motamaro. Jumlah warga yang mengungsi sebanyak 600 orang (167 kepala keluarga/KK). Sedangkan rumah warga yang terendam banjir sebanyak 162 unit.

Gubernur VBL bersama rombongan langsung mendatangi lokasi pengungsian guna melihat dari dekat situasi dan kondisi para korban. Gubernur berdialog bersama para pengungsi. VBL mengaku hadir langsung di lokas bencana untuk memastikan warga terdampak tetap dalam keadaan baik dan aman terutama terjaga kesehatannya.

Tampak mendampingi Gubernur VBL, Kadis PUPR NTT, Maksi Nenabu dan Kadis Sosial NTT, H. Jamal Ahmad. Kehadiran Gubernur diterima Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk, Wakil Bupati Belu Terpilih, Aloysius Haleserens, Forkopimda, Pj. Sekda Belu serta pimpinan perangkat daerah setempat.

BPBD Belu melaporkan, bencana banjir yang menimpa warga Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk telah merendam 162 rumah warga. 167 KK dengan total 600 jiwa mengungsi. Rinciannya, pengungsi laki-laki 280 orang, dan 320 perempuan. Dari jumlah tersebut, 70 orang lansia dan 91 balita. Bencana ini juga membawa kerugian harta benda, terutama hewan peliharaan atau ternak sapi yang mati karena terendam banjir.

Untuk mengatasi para korban, kata Zakarias Moruk, Pemkab Belu bersinergi bersama TNI-Polri melakukan pendampingan terhadap warga yang berada di tempat pengungsian untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat dan aman di lokasi pengungsian.

Sekadar tahu, Senin (5/4/2021) Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk, didampingi Wakil Bupati Terpilih, Aloysius Haleserens, Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi, Kasdim 1605/Belu, Danyon RK 744/SYB, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY, Perwira Polres Belu serta Pimpinan OPD mengunjungi warga Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk yang terdampak bencana banjir.

Dalam kunjungan itu, Zaka Moruk menginstruksikan agar warga yang berada di lokasi-lokasi pengungsian dikumpulkan pada satu titik lokasi yakni di Gereja GMIT Motamaro sehingga penanganannya lebih cepat, fokus, dan terarah.

Dikatakan, warga yang mengungsi terdapat balita, anak-anak, dan lansia, sehingga perlu diperhatikan kesehatannya lebih baik, cepat, dan terarah.

Selain itu warga juga diberi penguatan agar tetap tenang karena ada petugas yang selalu siaga. Pemkab Belu melalui instansi terkait telah melakukan tanggap darurat berupa pendropingan logistik diantaranya bahan makanan, sembako, pakaian, dan peralatan masak. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top