KRI Ahmad Yani-351 Siap Bawa Bantuan ke Sabu Raijua | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KRI Ahmad Yani-351 Siap Bawa Bantuan ke Sabu Raijua


EMBARKASI. KRI Ahmad Yani-351 melakukan embarkasi di dermaga Lantamal VII Kupang untuk mengangkut bantuan dengan tujuan Pulau Sabu, Minggu (11/4). (FOTO: DISPEN AL for TIMEX)

NASIONAL

KRI Ahmad Yani-351 Siap Bawa Bantuan ke Sabu Raijua


TNI AL Terus Mengerahkan Kapal Perang Bantu Angkut Bantuan ke NTT

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-TNI Angkatan Laut (TNI AL) merespon cepat musibah bencana alam Siklon Tropis Seroja yang menyebabkan hujan disertai angin kencang, banjir bandang, tanah longsor dan gelombang pasang yang terjadi Nusa Tenggara Timur (NTT). Respon cepat TNI AL itu diwujudkan dengan mengerahkan unsur-unsur dan prajuritnya untuk membantu mengirim bala bantuan ke berbagai daerah terdampak bencana di bumi Flobamorata sejak Minggu (4/4).

Selain ke Flores Timur dan Lembata yang banyak menelan korban jiwa, hari ini KRI Ahmad Yani-351 yang tengah melakukan operasi patroli diarahkan untuk membawa bantuan ke Kabupaten Sabu Raijua, salah satu wilayah terdampak parah badai Seroja ini.

“TNI AL juga telah mengirimkan kapal perang yang sedang operasi patroli KRI Ahmad Yani-351 untuk membantu distribusi bahan bantuan dari Kupang ke Pulau Sabu, dan saat ini kapal sedang melaksanakan embarkasi bahan kontak di dermaga Lantamal VII Kupang,” demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) yang diterima TIMEX, Minggu (11/4) petang.

TNI AL terus mengerahkan beberapa alat utama sistem pertahanannya (Alutsista) untuk membantu mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam banjir, tanah longsor dan gelombang pasang (Banjir rob) di NTT. TNI AL juga mengerahkan tim logistik untuk membawa material bantuan dan tim kesehatan untuk pelayanan kepada korban.

Gerak cepat jajaran TNI AL dimulai pada Senin (5/4) dengan mengerahkan KRI Oswald Siahaan (OWA)-354. KRI ini diberangkatkan dengan membawa tim kesehatan yang membawa Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) dan Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL dari Surabaya.
Saat ini KRI Oswald Siahaan mendukung transportasi untuk para relawan dan logistik bantuan sosial dari Maumere ke Lembata. Sedangkan Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL mendirikan posko kesehatan untuk para pengungsi di Lewoleba, Kabupaten Lembata.

Tim kesehatan Korps Marinir TNI AL memberikan pelayanan medis dan pengobatan umum bagi para korban, selain itu juga nantinya akan dilakukan proaktif dengan cara mendatangi para korban luka ringan.

TNI AL juga mengirimkan KRI Semarang-594 pada 8 April dengan membawa bantuan sosial berupa beras, makanan cepat saji, mie instan, selimut, pakaian layak pakai dan sebagainya dari Jakarta dengan 24 truk, dan dari Surabaya sebanyak 37 truk. Semua bantuan ini dibawa menuju wilayah Larantuka, Flores Timur dan Lembata. “KRI Semarang juga membawa kontainer medis beserta tenaga medisnya, dan digunakan membantu pelayanan kesehatan bagi korban bencana di sana,” tulis Dispen AL.

Sementara itu, dari Jakarta besok, Senin (12/4) TNI AL rencananya memberangkatkan KRI Tanjung Kambani-971 dengan tugas mengangkut bantuan sosial ke Lewoleba. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top