Bantuan Mulai Mengalir ke Amfoang, Pasokan Masih Terbatas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bantuan Mulai Mengalir ke Amfoang, Pasokan Masih Terbatas


KAWAL BANTUAN. Bhabinkamtibmas di Polsek Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Bripka Johanis Gareths Lerrick (keempat kanan) bersama sejumlah aparat Pemkab Kupang dan Babinsa mengawal bantuan untuk masyarakat terdampak bencana Seroja dengan KMP Ile Mandiri, kemarin (13/4). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Bantuan Mulai Mengalir ke Amfoang, Pasokan Masih Terbatas


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Bantuan kemanusiaan untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat terdampak bencana mulai mengalir ke wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang. Wilayah ini sebagaimana diberitakan TIMEX sebelum sempat terisolir karena dampak Siklon Tropis Seroja yang menyebabkan hujan disertai angin kencang, banjir, tanah longsor, dan gelombang pasang, sehingga mengakibatkan akses transportasi antar desa, kecamatan, dan ke kabupaten terputus.

Bhabinkamtibmas Desa Honuk dan Desa Saukibe, Polsek Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Bripka Johanis Gareths Lerrick yang dihubungi TIMEX, Selasa (13/4) membenarkan bahwa sejumlah bantuan telah dikirim ke wilayah Amfoang. Bahkan Bripka Johanis sendiri mengawal langsung bantuan itu dari Kupang, menumpang KMP Ile Mandiri dari pelabuhan ASDP Bolok menuju pelabuhan ASDP Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara.

“Kapal KMP Ile Mandiri bertolak dari pelabuhan Fery Bolok pukul 13.00 Wita, dan tiba dipelabuhan penyebrangan Fery Amfoang Utara lebih kurang jam pukul 18.30 Wita,” ungkapnya.

Bripka Johanis mengatakan, bantuan yang dibawa kemarin itu sudah didistribusikan ke empat wilayah kecamatan yang terisolir akibat badai Siklon Tropis Seroja, yakni Kecamatan Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, dan Kecammatan Amfoang Barat Daya.

Bripka Johanis menyebutkan, bantuan sembako yang dibagikan untuk masyarakat di empat wilayah kecamatan, berupa beras 10 ton, mi instan 500 dos, minyak goreng ukuran 2 liter sebanyak 208 bungkus, dan telur ayam 42 rak.

Kapol Polisi menurunkan bantuan korban bencana Seroja di Pantai Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur. (FOTO: ISTIMEWA)

“Hari ini (13/4) kami kawal ini untuk distribusi bantuan, per kecamatan hanya 2,5 ton dan dibagikan lagi per desa 400kg. Jumlah ini belum bisa mencukupi untuk dibagi ke seluruh masyarakat terdampak, karena di sini (Amfoang) per desa itu paling sedikit 300 lebih kepala keluarga. Semoga masih ada bantuan-bantuan yang menyusul untuk bisa membantu masyarakat terdampak bencana yang belum dapat,” harap Bripka Johanis yang mengaku telah melaporkan kondisi ini secara berjenjang ke atasan.

BACA JUGA: 4 Kecamatan di Wilayah Amfoang Terisolir, Rakyat Butuh Bantuan

Bripka Johanis menambahkan, dalam pelayaran mengawal bantuan ke Amfoang kemarin, selain dirinya, ada juga Kabag Orta Setda Kabupaten Kupang, Titus Kinenti, Kabid di BPBD Kabupaten Kupang, Ayub Halli, Kabid Angkutan dan Sarana, Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Gerson Elia, Kasi Data dan Informasi Sat Pol PP Kabupaten Kupang, dan Babinsa Desa Saukibe, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Serka Kristofel Wohe.

Informasi lain menyebutkan, kemarin juga, Kapal Motor Cepat (KMC) Komando AD-013 Denbekang IX-44-01/Kupang turut menyalurkan bantuan sosial untuk korban Siklon Tropis Seroja di wilayah Amfoang. Kapal tiba di dermaga perintis Naikliu, Senin (12/4) pagi sekira pukul 07.45 Wita. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang dengan rute Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, dan Naikliu lalu kembali ke Tenau Kupang.

Bantuan yang dibawa berupa beras, gula , sayuran, jeruk, genset 2 unit, mi instan dengan total berat 1.960kg. Selain itu BBM, dan beberapa bahan cadangan kebutuhan lainnya.

Bantuan ini dibawa tiga orang ABK, pendamping satu orang, Kodim 1604/Kupang tiga orang, dan staf Penrem satu orang. Bansos dibongkar di Dermaga Naikliu dengan tujuan Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, dan Amfoang Barat Daya. Sementara bansos untuk Amfoang Timur telah terdukung via heli BNPB.

Hari ini (13/4), satu kapal patroli polisi juga membawa sejumlah bantuan untuk masyarakat di Kecamatan Amfoang Timur, dan diturunkan di Pantai Oepoli. (aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top