Kapal Perang Ke-4 Menuju NTT, Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani-971 Bawa 700 Ton Bantuan ke Flores | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kapal Perang Ke-4 Menuju NTT, Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani-971 Bawa 700 Ton Bantuan ke Flores


Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Aslog Kasal, Laksda Puguh Santoso, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah, Kadispenal, Kadiskesal, dan Danlantamal III, serta pejabat terkait lainnya juga donatur dari Komunitas Jumat Pertama Keuskupan Agung Jakarta, dan Misi Prokur Kongregasi Putri Reinha Rosari, juga PT. PLN (Persero) melepas KRI Tanjung Kambani-971 yang membawa bantuan kemanusian menuju Flores-NTT dari JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, (12/4). (FOTO: DISPENAL FOR TIMEX)

NASIONAL

Kapal Perang Ke-4 Menuju NTT, Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani-971 Bawa 700 Ton Bantuan ke Flores


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., melepas keberangkatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tanjung Kambani-971 yang membawa bantuan sosial (Bansos) bencana alam banjir bandang dan tanah longsor ke Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  dari Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, (12/4).

Laksamana Yudo Margono secara simbolis menyerahkan bahan kontak kepada Komandan KRI Tanjung Kambani-971, Letkol Laut (P) Tri Hidayat. Selain itu, Komandan KRI Tanjung Kambani-971 juga menerima paket secara simbolis dari perwakilan donatur yakni, Ibu Irma dari Komunitas Jumat Pertama Keuskupan Agung Jakarta, Suster Maria Koleta dari Misi Prokur Kongregasi Putri Reinha Rosari, dan Ibu Vira dari PT. PLN (Persero).

TNI AL merespon cepat atas musibah bencana alam yang terjadi di Flotim dan Lembata sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dengan memberangkatkan unsur-unsur KRI dan prajuritnya membantu para korban.

KRI Tanjung Kambani-971 merupakan kapal keempat yang diberangkatkan Kasal ke NTT setelah KRI Oswald Siahaan (OWA)-354, KRI Ahmad Yani-351, dan KRI Semarang-594 sehari pasca bencana yang melanda sebagian besar wilayah NTT pada Jumat (2/4) hingga Senin (5/4).

“Sejak awal bencana kita sudah distribusikan bantuan maupun mengerahkan unsur-unsur baik KRI dan prajuritnya juga pesawat milik TNI AL. Ini adalah perintah Panglima TNI untuk segera tanggap darurat terhadap gempa maupun bencana yang terjadi di daerah,” papar Kasal Laksamana Yudo Margono sebagaimana dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispen AL), Selasa (13/4).

KRI Ahmad Yani 351 yang membawa bantuan dari Kupang tiba di Pulau Sabu, dan melakukan debarkasi ke KLM Cipta Indah, Selasa (13/4). (FOTO: DISPENAL FOR TIMEX)

Lebih jauh Kasal Yudo Margono menjelaskan bahwa keberangkatan KRI Tanjung Kambani mengangkut kurang lebih 300 ton bahan kontak dari Jakarta dan akan singgah di Surabaya untuk mengangkut 400 ton lagi, sehingga total bantuan yang akan dibawa ke daerah bencana sekitar 700 ton.

“Hingga saat ini TNI AL masih menerima bantuan dari masyarakat maupun instansi yang peduli terhadap saudara-saudara kita di NTT pada posko-posko baik di Lantamal III Jakarta, Lantamal V Surabaya, Kormar, Koarmada I dan Kolinlamil yang nantinya akan diangkut dengan KRI apabila jumlahnya memenuhi syarat,” ungkap Kasal Yudo Margono.

Berbagai bahan kontak yang dikirmkan ke daerah terdampak bencana seperti satu unit ekskavator dari Kemensos RI, 10 unit genset tiger dan 5 karung sarung dari PIBPG GBI, 10 unit genset krisbow dari PT PLN Cinere Depok, 84 koli material kesehatan dari Puskes TNI, pakaian layak pakai, perlengkapan wanita, anak-anak dan bayi, selimut, handuk serta puluhan ton beras, mie instan, dan kebutuhan sembako.

Untuk diketahui, hadir dalam pelelepasan KRI Tanjung Kambani Aslog, Kasal Laksda Puguh Santoso, SE., MM., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, SE., MM., Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH., CHRMP.,M.Tr.Opsla., Kadispenal, Kadiskesal, dan Danlantamal III, serta pejabat terkait lainnya.

Sementara itu, hari ini (13/4), KRI KRI Ahmad Yani-351 yang membawa sejumlah bantuan dari Kupang telah tiba di Pulau Sabu, dan melakukan penurunan barang (debarkasi) ke Kapal Layar Motor (KLM) Cipta Indah untuk selanjutnya didistribusikan ke warga terdampak bencana di Sabu Raijua.

TNI AL, demikian Kasal Yudo Margono berkomitmen untuk terus memberi bantuan bagi masyarakat terdampak bencana di NTT. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top