Pasca Badai Seroja, Muncul Teluk dan Pulau di Pantai Motadikin-Malaka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pasca Badai Seroja, Muncul Teluk dan Pulau di Pantai Motadikin-Malaka


TELUK BARU. Semacam teluk muncul di Pantai Motadikin, Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah. Fenomena ini diperkirakan efek banjir rob dan banjir bandang dampak Siklon Tropis Seroja yang menerjang wilayah itu pekan lalu. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Pasca Badai Seroja, Muncul Teluk dan Pulau di Pantai Motadikin-Malaka


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Kekuatan Siklon Tropis Seroja yang melanda NTT selama tiga hari, sejak Jumat (2/4) hingga Senin (5/4) tak cuma merenggut nyawa manusia, dan membawa kerugian berupa harta benda. Ternyata badai ini telah membawa sejumlah perubahan. Misalnya di Rote Ndao pasca badai, muncul sebuah pulau juga di Kota Kupang muncul danau baru. Fenomena alam baru juga terjadi di Kabupaten Malaka, dimana obyek wisata Pantai Motadikin, Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah telah terbentuk semacam teluk. Bahkan muncul juga pulau di pesisir selatan Malaka.

Kemunculan teluk baru ini pun menjadi lokasi wisata baru bagi masyarakat setempat. Teluk ini muncul tepatnya pada Kamis (1/4) akibat tingginya curah hujan dan gelombang pasang hingga Minggu (4/4) disusul banjir bandang luapan Sungai Benenai. Diduga terjangan banjir bandang luapan sungai Benenai dan gelombang pasang yang menyebabkan banjir rob/pesisir inilah yang membentuk teluk dan pulau di Pantai Motadikin.

Anggota DPRD Malaka yang juga Ketua Komisi II, Marius Boko saat dikonfirmasi TIMEX, Jumat (16/4) mengatakan, sebagai legislator yang duduk di komisi yang membidangi pariwisata, pihaknya akan mengajukan ke pemerintah untuk memperbaiki objek wisata Motadikin yang rusak akibat terdampak banjir.

“Diupayakan pada perubahan anggaran, bila ada ketersediaan anggaran maka harus segera diperbaiki mengingat saat ini lokasi wisata Motadikin merupakan primadona dan sebagai tujuan wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Malaka. Terutama pada akhir pekan dan hari libur,” ungkap Marius.

Marius melanjutkan, Pantai Motadikin juga merupakan satu-satunya obyek wisata pantai di Malaka yang menghasilkan pemasukan (PAD) melalui retribusi. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top