Dinas PUPR TTU Butuh Rp 41 Miliar Perbaiki Jalan dan Jembatan Dampak Badai Seroja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PUPR TTU Butuh Rp 41 Miliar Perbaiki Jalan dan Jembatan Dampak Badai Seroja


TERANCAM PUTUS. Ruas jalan Lurasik-Atambua di Desa Boronubaen Timur, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten TTU terancam putus akibat diterjang banjir akhir pekan lalu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinas PUPR TTU Butuh Rp 41 Miliar Perbaiki Jalan dan Jembatan Dampak Badai Seroja


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) membutuhkan anggaran sebanyak Rp 41.430.000.000 untuk memperbaiki ruas jalan dan jembatan yang rusak akibat diterjang banjir dan tanah longsor efek Siklon Tropis Seroja akhir pekan lalu.

“Alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki sebanyak 17 ruas jalan dan 14 jembatan di wilayah TTU yang rusak karena badai Seroja,” ungkap Kepala Dinas PUPR TTU, Januarius Salem, kepada TIMEX, di Kefamenanu, Senin (19/4).

Menurut Januarius, pihaknya telah melakukan pendataan terkait kerusakan ruas jalan dan jembatan, dan sesuai hasil monitoring langsung di lapangan, tingkat kerusakan bervariasi. Ada ruas jalan yang mengalami rusak ringan, sedang, dan berat.

“Kalau jalan itu ada yang rusak karena longsor, terkikis dan tembok penahan badan jalan roboh. Sedangkan 14 jembatan mengalami kerusakan bervariasi, seperti roboh, pengaman jebol, dan terkikis,” jelas Januarius.

Dijelaskan, pemeliharaan dan perbaikan dipandang penting untuk segera dilakukan agar kerusakan yang terjadi tidak memengaruhi mutu jalan dan jembatan serta tidak menggangu akses transportasi di wiayah Kabupaten TTU.

“Ini harus dilakukan pemeliharaan secepatnya agar jangan mengganggu mutu jalan dan jembatan. Ada yang roboh, ada juga yang pengamannya jebol,” katanya.

Terkait upaya penanganan, demikian Januarius, Dinas PUPR TTU telah bersurat ke Kementerian PUPR melalui Balai Jalan dan Jembatan Wilayah NTT. Pihak Balai Jalan telah meminta untuk melengkapi data termasuk mempersiapkan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

“Kita sudah ada tim yang turun ke jembatan-jembatan yang rusak untuk ambil titik koordinatnya. Kita akan segera buatkan RAB dan mudah-mudahan dalam minggu ini bisa kirim ke Kementerian PUPR,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top