Siswa SMPN Fahiluka Pindah Lokasi Ujian ke SMP Sabar Subur Betun | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Siswa SMPN Fahiluka Pindah Lokasi Ujian ke SMP Sabar Subur Betun


BISA UJIAN TENANG. Para siswa SMP Negeri Fahiluka yang sekolahnya terdampak banjir bandang luapan sungai Benenai harus mengikuti ujian dengan menggunakan gedung SMP Sabar Subur Betun. Para siswa saat mengikuti ujian hari kedua (20/4). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

PENDIDIKAN

Siswa SMPN Fahiluka Pindah Lokasi Ujian ke SMP Sabar Subur Betun


Pemkab Malaka Siapkan Mobil Antar-Jemput Siswa

BETUN, TIMEXKUPANG.com-Siswa SMP Negeri Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka kini tidak ujian di tenda yang panas dan becek lagi atau di rumah penduduk. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka melalui Dinas Pendidikan mengambil langkah dengan memindahkan lokasi ujian siswa ke SMP Sabar Subur Betun.

Dengan demikian, sambil menunggu gedung sekolah dibersihkan dari sisa-sisa puing terjangan banjir bandang akibat luapan sungai Benenai pada pekan pertama April, para siswa SMPN Fahiluka harus mengejar cita-cita mereka dengan mengikuti ujian dari Kota Betun.

Keputusan memindahkan lokasi ujian ini setelah Penjabat Bupati Malaka, Viktor Manek turun memantau kondisi SMPN Fahiluka, dan Viktor menyatakan bahwa kondisi sekolah itu tak layak melaksanakan ujian. Berkat kesigapan pemerintah, hari ini, dihari kedua ujian, anak-anak SMPN Fahiluka diizinkan menggunakan gedung SMP Sabar Subur Betun.

Kepala SMPN Fahiluka, Simon Klau Bria mengapresiasi dan berterima kasih atas langkah cepat Pemkab Malaka membantu para siswa melaksanakan ujian di gedung yang layak. Bahkan Pemkab juga menanggung transportasi pergi dan pulang ujian.

“Setiap pagi anak-anak dijemput, dan setelah habis ujian angkutan yang disiapkan pemerintah antar jemput siswa. Ini nanti berlangsung sampai dengan hari Jumat. Tadi jam 6 mobil sudah menunggu kita,” kata Simon yang menambahkan bahwa dia bertugas mengatur anak-anak agar tidak terlambat sehingga tidak tertinggal mobil jemputan.

BACA JUGA: Siswa SMPN Fahiluka Terpaksa Ujian Sambil Berdiri di Tenda yang Becek

Simon menyebukan, dihari kedua ujian, terdapat empat peserta tidak ikut karena sesuai laporan orang tua, mereka sedang sakit. Dengan demikian, pihak sekolah akan mengadakan ujian susulan bagi siswa yang tidak hadir hari ini (20/4).

“Kita akan mengadakan ujian susulan kepada mereka yang tidak hadir dan direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin (26/4) mendatang,” kata Simon.

Menurut Simon, ujian susulan bagi para siswa yang tidak hadir sesuai rencana dilaksanakan di SMPN Fahiluka dengan pertimbangan siswa yang tidak ikut ujian utama jumlahnya tak banyak sehingga bisa diatur.

“Saya sebagai pimpinan SMPN Fahiluka bersama para tenaga pengajar mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Malaka yang telah mengambil langkah cepat, sebab jika tidak maka kami akan mengalami kesulitan. Ini wujud kepedulian yang luar biasa dari pemerintah sehingga sampai hari ini kita sudah bisa ujian di tempat yang nyaman,” ungkap Simon.

Salah seorang guru SMPN Fahiluka, Maria Imelda Tae yang ditemui media ini mengatakan, komitmen Pemkab Malaka sangat bagus karena jemputnya tepat waktu, hanya siswanya yang terpencar jadi harus menunggu mereka datang ke satu titik. Ini yang sedikit terkendala.

“Langkah yang diambil Pemda ini sangat membantu sekali karena selain siswa yang terdampak banjir, guru-guru juga terdampak. Terima kasih untuk Pemda Malaka yang sudah mengambil langkah yang sangat luar biasa ini,” ungkap Imelda. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top