Hari Kartini, Inche Sayuna: Peran Perempuan di Masa Pademi Memberi Tantangan Berbeda | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hari Kartini, Inche Sayuna: Peran Perempuan di Masa Pademi Memberi Tantangan Berbeda


Wakil Ketua DPRD NTT, Inche Famdale-Sayuna. (FOTO:

POLITIK

Hari Kartini, Inche Sayuna: Peran Perempuan di Masa Pademi Memberi Tantangan Berbeda


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Perjuangan dan pemikiran Raden Ajeng Kartini (RA Kartini) adalah sumber inspirasi bagi semua orang, yang hingga kini masih sangat relevan. Kartini tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri, namun berjuang untuk perempuan-perempuan lain dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat, negara, dan dunia.

Emansipasi wanita yang telah diperjuangkan RA Kartini dalam kesetaraaan hak dan pendidikaan perempuan sudah terimplementasi dengan baik. “Konsep Door Duistermis Tox Lich atau Habis Gelap Terbitlah Terang telah mampu mempengaruhi perubahan kemajuan perempuan,” kata Inche Sayuna, Wakil Ketua DPRD NTT kepada TIMEX, Selasa (20/4).

Lanjut Inche, hal yang sama juga diperjuangan tokoh lain emansipasi dan pendidikan perempuan seperti Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, Siti Walidah (Nyi Ahmad Dahlan), Maria Walanda Maramis, dan lain-lain.

Menurut Inceh, perjuangan yang tidak ringan dan banyak rintangan dengan kegigihan para pahlawan perempuan telah menuai hasil yang luar biasa bagi pemajuan perempan Indonesia saat ini.

BACA JUGA: Peringati Hari Kartini 2021, Emy Nomleni Buat KartiniChallenge

“Memperingati hari Kartini di tengah suasana pandemi Covid-19 memberi sebuah tantangan yang berbeda. Meski banyak peran yang bisa dilakukan di masa pandemi Covid-19, tetap saja perempuan dituntut bisa membagi perannya untuk keluarga, pekerjaan, dan masyarakat,” sebutnya.

Ditegaskan, dalam penanganan pandemi Covid-19, perempuan memiliki peran yang sangat penting. Tidak sedikit dari perempuan yang menjadi dokter, perawat, pejabat di pemerintahan, ekonom maupun sukarelawan yang berada di garda terdepan dalam upaya menangkal penyebaran Covid-19.

Kartini dan pahlawan emansipasi perempuan lainnya menginspirasi dan memberikan pewarisan semangat perjuang perempuan melintasi zaman dan menjadi pencerah bagi generasi Kartini Muda .

“Saya berharap semangat Kartini di masa pandemi Covid-19 ini akan meningkatkan imunitas perempuan untuk terus berjuang dan bertahan serta mampu memainkan peran yang mencerahkan,” tutup politikus Partai Golkar ini. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top