200 KK Terima Pelayanan Kesehatan Gratis oleh Korcab VII DJA II di Puskesmas Naikliu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

200 KK Terima Pelayanan Kesehatan Gratis oleh Korcab VII DJA II di Puskesmas Naikliu


BAGI MASKER. Ketua Korcab VII DJA II, Ny. Suwerni Kompiang Aribawa membagikan masker kepada ibu-ibu dan warga lain yang tengah mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Senin (19/4). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

200 KK Terima Pelayanan Kesehatan Gratis oleh Korcab VII DJA II di Puskesmas Naikliu


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) melaksanakan bakti sosial (baksos) dengan membuka pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam badai Siklon Tropis Seroja di wilayah NTT. Kegiatan tersebut berpusat di Puskesmas Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Senin (19/4).

Ketua Korcab VII DJA II, Ny. Suwerni Kompiang Aribawa, kepada TIMEX mengatakan bahwa pihaknya hadir bersama rombongan Danlantamal VII beserta organisasi masyarakat yang turut peduli terhadap korban badai Siklon Tropis Seroja di Kabupaten Kupang, dengan memberikan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, ada pelayanan kesehatan gratis oleh Diskes Lantamal VII Kupang menghadirkan tenaga medis. Pelayanan kesehatan gratis ini berpusat di Puskesmas Naikliu, Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara.

“Masyarakat sangat antusias. Ada 200 Kepala Kelurga (KK) yang diperiksa kesehatannya,” ujarnya seraya menambahkan bahwa penyakit yang paling dominan itu mengeluh soal persendian, karena banyak yang sudah lanjut usia (Lansia).

Pelayanan kesehatan kepada masyarakat itu meliputi pelayanan kesehatan gigi, umum, dan memberikan masker juga handsanitizer kepada masyarakat.

BACA JUGA: KRI Semarang-594 Distribusi Bantuan ke Wilayah Amfoang, Ini Kata Danlantamal VII Kupang

Kadiskes Lantamal VII Kupang, Letkol Laut (K) M. Haris Bennu, M.Kes, menjelaskan bahwa dalam pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat ini, pihaknya membawa delapan orang tenaga medis. Mereka melayani sebanyak 200 KK yang ikut melakukan pemeriksaan kesehatan. “Kami targetkan ke depan akan kembali lagi kesini untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara Melanton Sanu, selaku perawat di Puskesmas Naikliu, menyampaikan terima kasih kepada TNI AL Lantamal VII Kupang yang sudah mau peduli dengan masyarakat Amfoang. Banyak masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis ini. Pasca bencana badai Siklon Tropis Seroja, masyarakat belum pernah mendapatkan pelayanan kesehatan gratis seperti ini, dan baru dari Lantamal VII Kupang. “Jujur kami bersyukur dan sangat senang ada pelayanan kesehatan kepada masyarakat ini,” ucapnya.

Untuk diketahui wilayah kerja dari Puskesmas Naikliu ini meliputi lima desa yang terdiri dari Desa Afoan, Fatuanus, Kolabe, Lelmus, dan Desa Bakuin 1, Kelurahan Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara. Jumlah penduduk di wilayah itu 7.713 jiwa.

Melanton mengatakan, ketersediaan tenaga kesehatan juga masih kurang. Perawat hanya empat orang dengan satu orang tenaga dokter. Tenaga analisis tidak ada sehingga kebanyakan rujuk ke Kecamatan Amfoang Barat Laut bahkan sampai ke Kota Kupang. Sementara dua orang masih orientasi CPNS baru. “Kami harapkan ada penambahan tenaga perawat, dokter, dan tenaga analis,” harap Melanton yang saat itu bersama rekannya, Yonathan Dimu. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top