BPOLBF Mau Kembangkan Pariwisata di Matim, Bupati Agas Beber Sejumlah Keunggulan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

BPOLBF Mau Kembangkan Pariwisata di Matim, Bupati Agas Beber Sejumlah Keunggulan


Bupati Matim, Agas Andreas dan pihak BPOLBF bersama peserta forum pose bersama usai kegiatan penutupan Forum Floratama Pentahelix, Selasa (20/4). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

BPOLBF Mau Kembangkan Pariwisata di Matim, Bupati Agas Beber Sejumlah Keunggulan


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo-Flores (BPOLBF) menggelar Forum Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama) Pentahelix, Selasa (20/4) dalam rangka pengembangan pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Kegiatan yang berlangsung di aula Kopdit AMT, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong itu dibuka Kepala Dinas (Kadis) PUPR Matim, Yos Marto. Sementara penutupan dilakukan Bupati Matim, Agas Andreas didampingi Direktur Investasi dan Kelembagaan BPOLBF, Nesya Amelia. Hadir saat itu Kadis Pertanian Matim, Jhon Sentis, Sekertaris Dinas Pariwisata Matim, Albert Rangkak, LSM Gugah Nurani Indonesia, pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, sejumlah kepala desa, Ketua Pokdarwis dan Bumdes dari sejumlah desa wisata, akademisi, sejumlah wartawan, dan pihak BPOLBF.

“Forum ini kita buat untuk diskusi kembali, berkomunikasi, berkolaborasi dan berkoordinasi Pentahelix dalam rangka mencaritahu pariwisata dan ekonomi kreatif apa yang mau dikembangkan di Matim termasuk juga persoalanya,” jelas Nesya Amelia, kepada wartawan di sela-sela kegiatan itu.

Terkait persoalan, lanjut Amelia, dalam forum itu dibahas soal SDM, infrastruktur, dan juga topik lain. Forum yang ada milik bersama, karena BPOLBF tidak bisa sendiri memperkenalkan keindahan atau potensi pariwisata di Matim. Perlu ada kerja sama.

“Potensi pengembangan pariwisata cukup luas di Matim, dan kami siap dukung. Harapan dari forum ini, penyelesaian persoalan di Matim bisa melalui koordinasi satu sama lain dan saling berkolaborasi. Kami dari BPOLBF siap membantu rekan di Matim. Forum ini bisa diadakan lagi, bisa ofline dan online. Forum ini bukan milik BPOLBF dan Pemda, tapi milik bersama,” ujar Amelia.

Sementara Bupati Matim, Agas Andreas mengatakan, Forum Floratama Pentahelix ini diharapkan dapat bersinergi secara konkrit dalam memajukan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di Matim. Forum yang dilaksanakan itu merupakan salah satu wadah untuk mendapatkan arahan dan informasi yang lebih luas, terutama tentang kebijakan pembangunan kepariwisataan.

Menurut Bupati Agas, kehadiran BPOLBF kiranya dapat mewujudkan mimpi besar menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sungguh-sungguh sebagai prime mover pembangunan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyakat di Floratama. Lebih khususnya di Matim yang memiliki kekayaan daya tarik wisata.

“Kabupaten Matim memiliki potensi kepariwisataan yang sangat besar. Tidak hanya wisata alam, namun juga wisata budaya, sejarah, dan wisata pertanian sebagai objek wisata unggulan. Salah satu program unggulan yang sedang dilaksankan, pariwisata berbasis masyarakat melalui program desa wisata untuk mengembangkan sektor pariwisata di desa memanfaatkan potensi alam, budaya, dan pertanian yang ada,” terang Bupati Agas.

Target desa wisata yang akan dikembangakan di Matim, sebut Bupati Agas, sebanyak 10 desa wisata. Lima desa diantaranya telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Manggarai Timur Nomor HK/154/ Tahun 2020, tentang penetapan lokasi kawasan desa wisata di Kabupaten Matim. Pengelolaan desa wisata di Matim sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat desa melalui kelompok sadar wisata, Bumdes dan pemerintah desa.

“Program pengembangan desa wisata tersebut juga mengedepankan tiga prinsip yakni, menguntungkan secara ekonomi, keberlanjutan, dan lingkungan diterima secara sosial oleh masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas bersama pemerintah daerah, media, NGO dan masyarakat agar pengelolaan potensi tersebut memberi kemakmuran di desa,” terangnya. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top