Cari Data Akurat Berbasis SDGs, Camat Bikomi Nilulat Lepas Tim Pokja Pemutahiran | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cari Data Akurat Berbasis SDGs, Camat Bikomi Nilulat Lepas Tim Pokja Pemutahiran


SIAP MENDATA. Tim Pokja pendataan data SDGs Desa di Desa Haumeni Ana pose bersama Camat Bikomi Nilulat, Marsel Sara dan pendamping desa, Eman Tnome usai acara pelepasan, di Kantor Camat Bikomi Nilulat, Rabu (21/4). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Cari Data Akurat Berbasis SDGs, Camat Bikomi Nilulat Lepas Tim Pokja Pemutahiran


Di Desa Haumeni Ana

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Camat Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Marsel Sarah melepas sebanyak 36 orang yang tergabung dalam Tim Pokja Pendataan Data SDGs Desa di Desa Haumeni Ana. Tim ini akan bekerja melakukan pemutahiran data.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor camat Bikomi Nilulat, Rabu (21/4) tersebut dihadiri Danpos TNI Haumeni Ana, Kapospol Haumeni Ana, pendamping desa dan tim Pokja Relawan SDGs Desa. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bikomi Nilulat.

Dalam acara pelepasan itu, Marsel Sarah menyampaikan kepada tim Pokja agar melakukan pendataan sesuai data rill di masyarakat, baik itu data individu, data rumah tangga, data RT, dan data desa. Dilakukan sesuai tujuan pemutahiran data berbasis SDGs Desa tahun 2021 dan merujuk pada Permendesa PDTT Nomor 21 tahun 2020.

Dikatakan, tim pokja tersebut merupakan gabungan dari aparatur pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama mahasiswa. “Masyarakat harus jujur menyampaikan informasi kepada Tim Pokja sehingga data yang dihasilkan itu benar-benar akurat dan sesuai fakta di lapangan,” pinta Marsel.

Sementara, Kepala Desa Haumeni Ana, Kecamatan Bikomi Nilulat, Petrus Asuat berharap, melalui pendataan ini akan menghasilkan data desa yang valid sehingga dapat menghasilkan profil desa yang akurat untuk perencanaan dan pembangunan desa itu ke depan.

Terkait anggaran yang digunakan untuk pendataan, Petrus Asuat mengaku disesuaikan dengan Permendesa Nomor 21/2020, seluruh proses pendataan SDGs Desa didanai oleh dana desa yang dibebankan ke APBDEs Tahun 2021.

“Kita berharap melalui pendataan ini dapat menghasilkan data yang valid yang akan digunakan dalam pembangunan di desa ini ke depan,” harapnya.

Terpisah, pendamping desa Bikomi Nilulat, Emanuel Tnome menjelaskan, proses pemutahiran data SDGs Desa bertujuan untuk memutahirkan data level desa, pemutahiran data tingkat level rukun tetangga, pemutahiran data pada level keluarga, data pada level warga, menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa serta merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai hasil analisis SDGs Desa.

“Data yang dihasilkan itu akan termuat dalam sistem informasi desa, menghasilkan rekomendasi perbaikan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dalam SDGs Desa,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top