Kodim 1627/Rote Ndao Bantu Peralatan Dapur untuk 11 IRT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kodim 1627/Rote Ndao Bantu Peralatan Dapur untuk 11 IRT


SERAHKAN BANTUAN. Anggota Kodim 1627/Rote Ndao menyerahkan peratan rumah tangga kepada IRT di Gereja (GMIT) Dinis Ndanggaoen, Desa Dolasi, Senin (19/4) lalu. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Kodim 1627/Rote Ndao Bantu Peralatan Dapur untuk 11 IRT


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 11 orang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Rote Ndao, mendapat bantuan seperangkat peralatan dapur atau rumah tangga. Bantuan ini disalurkan oleh Kodim 1627/Rote Ndao dari Kodam IX/Udayana, Senin (19/4). Bantuan ini untuk membangkitkan semangat para IRT pasca dilanda Badai Seroja dua pekan lalu, sekaligus menyambut peringatan Hari Kartini tahun ini.

Paket bantuan peralatan rumah tangga itu diserahkan untuk delapan IRT di GMIT Dinis Ndanggaoen, Desa Dolasi, Kecamatan Rote Barat Daya. Tiga IRT lainnya di Desa Kuli Aisele. Total yang menerima bantuan ino 11 IRT.

“Tujuanya adalah untuk membangkitkan semangat para korban terdampak badai Siklon Tropis Seroja. Apalagi para ibu rumah tangga harus dimotivasi untuk tidak menyerah dengan keadaan saat ini,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Parmadi Eko PB, saat dikonfirmasi TIMEX, Rabu (21/4).

Dandim Educ menyebutkan, ibu-ibu korban Seroja merupakan pejuang tangguh. Tangguh, sebagaimana dimaksudkan Dandim Educ, karena menghadapi dua persoalan sekaligus, yakni pandemi Covid-19 dan juga badai siklon Tropis Seroja, yang sangat mempengaruhi keadaan ekonomi keluarga.

“Apapun keadaanya, mereka (IRT) sangat tangguh. Walau dalam situasi pamdemi yang belum berakhir, dan langsung diterpa badai. Mereka adalah Kartini masa kini,” kata Dandim Educ.

Mengamati kondisi psikologi para korban, Dandim mengapresiasi ibu-ibu yang menurutnya tidak memperlihatkan rasa pesimis, meski dihantam badai Seroja yang mengakibatkan sejumlah kerusakan.

Dandim Educ menyebutkan, 11 IRT yang menerima bantuan ini, yakni Yosi Anakae, Lita, Huberta Nale, Naomi Nale, Mariana Nale, Dorkas Nale, Pelberika Nale, dan Sarce Nale. Ke-8 IRT ini merupakan Desa Dolasi. Sedangkan, Basmad Zacharias, Martha Thine, dan Agustina Thine, merupakan warga tranmigrasi lokal (Translok) Istua, Desa Kuli Aisele.

Untuk diketahui, peralatan rumah tangga bantuan Kodam IX/Udayana yang disalurkan melalui Kodim 1627/Rote Ndao, berupa kompor, wajan, panci, teko/cerek air, dan gelas plastik. Penyaluranya, dilakukan oleh masing-masing Babinsa, yang secara simbolis diserahkan oleh Dandim Educ disaksikan perangkat desa setempat.

“Merupakan bentuk kepedulian dari kami TNI, untuk sedikit meringankan beban masyarakat terdampak bencana. Semoga dapat bermanfaat,” kata Dandim Educ saat menyerahkan bantuan untuk korban terdampak Seroja di lokasi Translok Istua, Desa Kuli Aisele, Kecamatan Lobalain, Senin (19/4).

Selain diserahkan kepada para IRT, bantuan tersebut juga diserahkan dan diterima oleh 15 Kepala Keluarga (KK). Rinciannya 8 KK penerima bantuan merupakan warga Dusun Dombo, Desa Kuli, dan 7 KK warga Kuli Aisele

Penyaluranya dilakukan dari Translok Istua, Desa Kuli Aisele, selanjutnya di Gereja Dinis Ndanggaoen, kemudian Dusun Dombo, Desa Kuli. Turut hadir dalam penyerahan tersebut, Babinsa Koramil 1627-01/Ba’a, Serda Jose Timo, Babinsa Koramil 1627-03/Batutua Sertu Anwar Hamsah, beberapa Anggota Kodim 1627/Rote Ndao, serta para Perangkat Desa setempat. “Masing-masing 1 unit peralatan rumah tangga yang kami bantu, agar bisa digunakan,” kata Dandim Educ. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top