Lantamal VII Kupang Salurkan Bantuan ke Rote, Kolonel Djentaju: Mako Lanal segera Diperbaiki | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantamal VII Kupang Salurkan Bantuan ke Rote, Kolonel Djentaju: Mako Lanal segera Diperbaiki


Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu (Kanan) didampingi jajaran Forkopimda menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Lantamal VII Kupang atas dukungan pengiriman bantuan bagi korban terdampak bencana di wilayah itu, Kamis (22/4). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Lantamal VII Kupang Salurkan Bantuan ke Rote, Kolonel Djentaju: Mako Lanal segera Diperbaiki


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote, segera diperbaiki menyusul sejumlah kerusakan yang diakibatkan oleh bencana Siklon Tropis Seroja yang melanda sebagian besar wilayah NTT, termasuk Rote Ndao awal April lalu. Selain Mako Lanal, sejumlah rumah/mes prajurit juga ikut terdampak akibat badai itu.

Rencana perbaikan tersebut disampaikan Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) VII Kupang, Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, saat berkunjung ke Rote Ndao, Kamis (22/4).

“Setelah ini, barulah akan dibantu berupa material bahan bangunan,” kata Kolonel Djentaju saat tiba di Pelabuhan Ba’a, bersama KRI Escolar-871. Sebagaimana diketahui, KRI Escolar membawa sejumlah bantuan sosial untuk membantu korban bencana Seroja di wilayah itu.

Menurut Kolonel Djentaju, kebutuhan material bangunan untuk perbaikan markas sementara dalam proses setelah terdata seluruh kerusakan yang dilakukan Lanal Pulau Rote. “Kehadiran saya bersama Asisten Perencanaan (Asrena) dan Asisten Logistik (Aslog) ini selain membawa bantuan sekaligus meninjau setiap kerusakan yang ada di Mako Lanal Pulau Rote,” katanya.

Kolonel Djentaju mengatakan, bantuan nanti untuk memperbaiki rumah-rumah warga di sekitar Lanal Pulau Rote, rumah-rumah dinas prajurit, dan Mako Lanal.

“Untuk Mako Lanal, kantor dan juga rumah-rumah prajurit, kita utamakan biar bisa berjalan sesuai fungsi utamanya,” kata Kolonel Djentaju.

Pimpinan TNI-AL, demikian Kolonel Djentaju menargetkan mempercepat pemulihan terhadap Mako Lanal agar dapat digunakan sesuai fungsi utamanya. “Target dari pimpinan Angkatan Laut, sudah pasti mengembalikan kerusakan infrastruktur agar lebih cepat digunakan,” katanya.

Sementara itu, bantuan yang diangkut menggunakan KRI Escolar-871, berupa beras, selimut, genzet, obat-obatan, masker, dan hand sanitizer. Total bantuan yang dibawa sekitar empat ton. Bantuan ini akan disalurkan kepada warga korban terdampak Siklon Tropis Seroja di Rote Ndao, dan secara simbolis, Wadan Lantamal, Koloner Djentaju menyerahkan kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu.

“Bantuan ini kurang lebih empat ton, terdiri dari beras, selimut, genzet, obat-obatan, masker, dan handsanitizer. Bagi mereka yang sifatnya kritis agar segera didistribusikan,” ungkap Kol. Djentaju usai meyerahkan bantuan tersebut ke Bupati Paulina.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, menyampaikan terima kasih atas kiriman bantuan melalui Lantamal VII Kupang untuk warga Rote Ndao terdampak bencana. Kepedulian ini, kata Bupati Paulina, memberi sprit tersendiri bagi warga yang tertimpa musibah.

Terhadap kerusakan fisik, Bupati Paulina juga menyampaikan bahwa sejauh ini, pemerintah telah melakukan pendataan. Saat ini tim sedang melakukan proses verifikasi ke setiap rumah warga terdampak bencana.

“Terima kasih, atas kepedulian ini, yang terus membantu kami pemerintah daerah memotivasi warga yang terdampak. Kami juga perlu menyampaikan bahwa terhadap kerusakan, saat ini sedang dilakukan verifikasi oleh tim di lapangan,” kata Bupati Paulina.

Turut hadir, dari pihak Lantamal VII/Kupang dalam penyerahan bantuan tersebut, Asrena, Kolonel Laut (P) Dedy Rorna Widyandono, Aslog, Kolonel Laut (T) J. Hendi Kitris Merisa, Dansatrol, Kolonel Laut (P) Tonny Sundah, Danyonmarhanlan, Letkol Marinir I Made Arthawan, Pasops Satrol, Letkol Laut (P) Taufik Pamungkas, dan Ps. Paur Kumtek Diskum, Letda Laut (S) Arif Lambuto.

Dari informasi yang dihimpun Timor Express, KRI Escolar-871 bertolak dari dermaga multipurpose pelabuhan Tenau Kupang menuju dermaga umum Ba’a, Kamis (22/4) sekira pukul 08.10 Wita. KRI yang dikomandani Mayor Laut (P) Robbith Darius Shidqi ini membawa 34 orang prajurit TNI-AL atau ABK. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top