Pemkab Belu Matangkan Persiapan Pelantikan dan Sertijab Bupati, Tanpa Perarakan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab Belu Matangkan Persiapan Pelantikan dan Sertijab Bupati, Tanpa Perarakan


Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pemkab Belu Matangkan Persiapan Pelantikan dan Sertijab Bupati, Tanpa Perarakan


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu mematangkan persiapan prosesi pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih, yang akan dilaksanakan di Kupang pada Senin (26/4).

“Pemerintah Kabupaten Belu sudah siap memfasilitasi persiapan pelantikan dan syukuran pelantikan hingga serahterima jabatan dari penjabat Bupati kepada Bupati dan Wakil Bupati terlantik,” ungkap Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk saat dikonfirmasi media ini, Kamis (22/4).

Menurut Zakarias, sambil menunggu petunjuk provinsi, pihaknya menggelar rapat persiapan pada Senin (19/4) yang dihadiri unsur Forkopimda dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkab Belu.

“Pelantikan berlangsung di Kupang hari Senin (26/4) nanti. Kita terus berkoordinasi dan memfasilitasi untuk kelancaran kesiapan pelantikan, baik di Kupang dan setelah pelantikan tiba di Atambua,” jelas Zakarias.

Zakarias mengatakan setelah pelantikan, Bupati-Wakil Bupati Belu terpilih akan kembali ke Atambua, dan diadakan beberapa acara. Diantaranya, pengalungan, tarian Likurai dan penerimaan adat Hase Hawaka. Penjemputan terpusat di rumah jabatan Bupati Belu, Selasa (27/4).

Zakaria menyebutkan, mempertimbangkan pandemi Covid-19, tidak ada pawai penjemputan. Kegiatan yang dilaksanakan berlangsung terbatas dengan memperhatikan protokol Covid-19. Sehingga langkah koordinasi terus dibangun dengan OPD teknis dan petugas keamanan.

Terkait sertijab, Zakarias mengaku sudah diatur semuanya. Sertijab dari Penjabat Bupati kepada Bupati Belu terpilih akan berlangsung di Gedung DPRD Belu.

Zakarias yang juga Kepala Badan Keuangan Provinsi NTT menekankan bahwa penjemputan Bupati-Wakil Bupati Belu definitif di rujab bupati dibatasi, dimana yang punya undangan saja yang diizinkan hadir.

” Protokol Covid kita perhatikan sehingga acara penjemputan dan serah terima jabatan bisa berjalan baik, aman, dan lancar,” tandasnya.

Terpisah Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat persiapan bersama Penjabat Bupati. Intinya Polres Belu siaga memberikan pengamanan selama persiapan pelantikan hingga sertijab Bupati-Wakil Bupati definitif.

Kapolres Khairul menegaskan bahwa tidak ada gerakan massa seperti pawai kendaraan dan penjemputan di batas kota ataupun di dalam kota. Sejumlah titik sentral akan dijaga ketat petugas keamanan. Langkah yang dilakukan agar menjaga Belu tetap aman dan kondusif, baik kamtibmas dan protokol Covid-19.

“Kita siaga untuk memberikan pengamanan. Tidak ada gerakan massa, tidak ada pawai kendaraan. Saya imbau masyarakat agar ikut anjuran pemerintah tat dan patuhi protokol Covid-19,” tegasnya. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top