Cek Alkes dan Pola Yankes, Tim Pansus DPRD TTU Datangi RSUD Kefamenanu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cek Alkes dan Pola Yankes, Tim Pansus DPRD TTU Datangi RSUD Kefamenanu


DI RSUD KEFAMENANU. Tim Pansus DPRD TTU saat mendatangi RSUD Kefamenanu untuk melihat langsung alkes dan pola pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Selasa (27/4). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Cek Alkes dan Pola Yankes, Tim Pansus DPRD TTU Datangi RSUD Kefamenanu


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Panitia khusus (Pansus) yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Timor Tengah Utara (TTU) mendatangi RSUD Kefamenanu, Selasa (27/4).

Kedatangan Tim Pansus yang dipimpin langsung Yohanes Salem itu untuk meninjau langsung fisik alat-alat kesehatan di RSUD Kefamenanu serta melihat pola pelayanan kesehatan (Yankes) pada fasilitas kesehatan (Faskes) milik pemerintah daerah setempat.

Pantauan langsung TIMEX, Selasa (27/4) di RSUD Kefamenanu, Pansus DPRD TTU didampingi oleh para petugas RSUD meninjau beberapa ruangan seperti instansi gizi, laundry, ruang bangsal pria, ruang bersalin ibu dan anak, UGD, dan ruang radiologi. Tim Pansus juga memeriksa dan memastikan kondisi alat-alat kesehatan itu berfungsi baik atau tidak.

Tim Pansus DPRD juga membangun dialog dengan para dokter, pegawai negeri sipil (PNS) di RSUD itu, khususnya terkait insentif dan kondisi fisik alkes serta kekurangan tenaga kesehatan.

Ketua Pansus DPRD TTU, Yohanes Salem kepada TIMEX, Selasa (27/4) mengatakan, kedatangan Tim Pansus DPRD TTU ke RSUD Kefamenanu guna mengkorelasikan fakta empirik dan dokumen LKPj Bupati dan Wakil Bupati TTU tahun 2020.

Tim Pansus DPRD TTU menilai bahwa peninjauan fisik Alkes di RSUD Kefamenanu sangat penting. Pasalnya, rumah sakit merupakan garda terdepan untuk menyembuhkan semua orang dari penyakit.

BACA JUGA: Kejari TTU Limpahkan Kasus Korupsi Alkes ke Pengadilan Tipikor Kupang

BACA JUGA: Penyidik Kejari Tahap Dua Kasus Korupsi Pengadaan Alkes di RSUD Kefamenanu

Dalam kunjungan tersebut, Tim Pansus DPRD TTU juga menemukan adanya fasilitas alkes dan gedung di RSUD Kefamenanu yang membutuhkan banyak sekali pembenahan.

Misalnya ruang persalinan ibu dan anak dari aspek kenyamanan dan tata ruangannya, tidak memadai lagi sehingga dibutuhkan pembenahan sesegera mungkin. Ini demi pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, Tim Pansus DPRD TTU juga menemukan incenerator limbah medis yang tidak tepat sehingga harus segera direlokasi ke tempat yang tidak mengganggu kesehatan lingkungan dan masyarakat.

“Banyak temuan dari Tim Pansus DPRD TTU saat meninjau langsung RSUD Kefamenanu dan hasil temuan itu akan direkomendasikan kepada pemerintah daerah untuk segera diperhatikan,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Direktris RSUD Kefamenanu, dr. Theresia Mulowato, mengucapkan terima kasih kepada Tim Pansus DPRD TTU yang telah meninjau dan melihat langsung kondisi RSUD Kefamenanu serta fasilitas alkes yang ada.

Dikatakan, kunjungan dari Tim Pansus DPRD TTU tersebut secara tidak langsung memberikan dukungan dan semangat bagi para pegawai dan tenaga kesehatan di RSUD Kefamenanu.

“Kami merasa diperhatikan dan semua keluhan-keluhan kami selama ini, kami bisa sampaikan dan kami berharap bisa diperhatikan selanjutnya,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top