INTI NTT Bantu Peralatan Dapur untuk Korban Badai Seroja di Malaka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

INTI NTT Bantu Peralatan Dapur untuk Korban Badai Seroja di Malaka


PEDULI. Tim INTI NTT bersama warga Desa Fahiluka saat penyerahan bantuan di Malaka. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

INTI NTT Bantu Peralatan Dapur untuk Korban Badai Seroja di Malaka


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kabupaten Malaka yang berbatasan darat langsung dengan negara Timor Leste merupakan salah satu wilayah terdampak parah banjir bandang dampak Siklon Tropis Seroja.

Sejumlah wilayah tersapu banjir, merusakan rumah warga, fasilitas umum, juga hanyutkan ternak peliharaan masyarakat setempat. Salah satu fasilitas umum yang merupakan penghubung atau urat nadi lalu lintas utama menuju Malaka, yakni Jembatan Benanain sepanjang lebih dari 300 meter itu patah dan nyaris runtuh. Karena rusak, jembatan yang membentang di wilayah Kecamatan Weliman itu tak bisa dilewati.

Sebagai salah satu daerah terdampak parah di NTT, Malaka tak luput dari perhatian Perhimpunan Indonesia Tionghoa atau INTI NTT, yang sejak 9 April 2021 terus melakukan aksi kemanusiaan membantu warga korban bencana.

Setelah menyalurkan bantuan di Kota Kupang dan sekitarnya dalam bentuk bahan bangunan, kasur, selimut, sembako, susu, dan lainnya, pada Minggu (18/4), tim INTI NTT menyapa warga Malaka. Mereka memberikan bantuan kepada warga di Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah. Desa ini merupakan salah satu wilayah terparah di Malaka.

Bantuan itu berupa peralatan dapur, seperti 75 periuk jawa ukuran 24cm, 75 kuali ukuran 24cm, 900 piring batu, dan 900 sendok makan. Penyerahan bantuan betempat di Gereja Getsemani Lalor dan Gereja Ora et Labora Kobudiin.

Ketua Tim Relawan INTI, Henry Melki Simu dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa aksi ini merupakan wujud nyata keprihatinan INTI atas musibah yang terjadi. “Aksi kemanusiaan ini sudah dan akan terus kami lakukan. Kami sangat prihatin atas apa yang dialami bapa mama semua. Kami tahu bahwa penderitaan ini sungguh berat. Untuk itu kami harus tunjukkan empati kami. Kami tidak boleh tinggal diam. Semoga apa yang diberikan ini bisa sedikit meringankan beban bapa mama. Yakinlah, Tuhan pasti datang menolong lewat tangan tangan semua orang yang berbelas kasih,” kata Henry.

Hadir dalam kesempatan tersebut, calon pengurus INTI Malaka lainnya, yakni Rita Ahing, Ocmial Simu, Erasmus Lay, dan Tince Rayon.

Gembala jemaat yang juga Ketua Klasis Malaka, Pdt. Benyamin Manimau menyampaikan terima kasih kepada INTI yang jauh-jauh datang ke Desa Fahiluka memperhatikan warga dan jemaatnya.

“Ada warga yang belum pulang rumah karena rumahnya masih terendam lumpur. Jalan dan rumah-rumah disekitar sini masih dipenuhi lumpur setinggi lutut bahkan di beberapa tempat mencapai ketinggian setengah tembok beberapa hari lalu. Dengan bantuan ekskavator baru saja digusur. Sebagian rumah belum beratap dan berdinding kembali karena runtuh ketika badai. Ada banyak yang roboh rata tanah,” beber rohaniawan yang akrab disapa Pdt. Beny itu.

“Kami sangat berterimakasih kepada perhimpunan Indonesia Tionghoa yang rela datang menolong kami di sini. Saat ini memang yang sangat dibutuhkan adalah perlengkapan dapur dan perlengkapan makan. Semoga Tuhan membalas segala budi baik bapak ibu,” ucap Pdt. Beny.

Bupati Dr. Simon Nahak SH, MH yang juga hadir pada kesempatan tersebut dalam sambutannya mengingatkan para korban agar tetap tabah menghadapi cobaan ini. “Bapa ibu tidak sendiri dalam menghadapi cobaan berat ini. Di tempat lain tidak jauh dari sini juga banyak saudara yang mengalami musibah yang sama. Yakinlah bahwa Tuhan akan menggerakkan hati banyak orang untuk datang membantu. Mari, kita semua kerja keras untuk bangkit kembali. Jangan terus bersedih karena kesedihan tidak ada gunanya. Untuk itu usai acara ini pulanglah dan tata kembali semua harta milik bapa mama yang rusak. Tentu dalam semangat gotong royong. Saling membantu satu dengan yang lain. Bersama kita pasti bisa membangun kembali masa depan kita,” kata Simon Nahak yang juga Penasehat INTI Provinsi Bali ini. (rum/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top