36 Ribu Pelanggan di Alor Sudah Nikmati Listrik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

36 Ribu Pelanggan di Alor Sudah Nikmati Listrik


BENAHI JARINGAN. Personel PLN sementara membenahi jaringan kelistrikan di Kabupaten Alor pasca diterjang badai siklon tropis seroja awal April lalu. (IST)

Advetorial

36 Ribu Pelanggan di Alor Sudah Nikmati Listrik


3.976 Gardu Berfungsi, Listrik di 633.558 Pelanggan Menyala

KUPANG, TIMEXKUPANG.com- Sebanyak 238 gardu terdampak badai siklon tropis seroja di Kabupaten Alor rusak. Karena itu maka berakibat pada padamnya listrik pada 36 ribu pelanggan. Tak hanya itu saja, pembangkit listrik yang menjadi tulang punggung pelayanan kelistrikan di Pulau Alor juga tak dapat dioperasikan setelah bencana. Melihat kerusakan yang terjadi dan luas area yang terdampak, maka sangat sulit listrik dapat beroperasi kembali dengan cepat.

Namun, listrik di Pulau Alor kini sudah kembali menyala. Dengan kerja keras dan sinergi antara PLN, warga, TNI dan Polri maka sistem kelistrikan di Pulau Alor telah pulih pembali, Kamis lalu (22/4), pukul 19.00 Wita.

“Saya merasa bangga terhadap hasil kerja keras PLN karena sudah belerja keras sehingga listrik di saya sudah menyala. Saat tidak ada listrik, kehidupan keseharian kami pun sangat terganggu. Mulai dari susah membuat makanan, memasak serta kegiatan lainnya yang membutuhkan listrik pun menjadi tertunda. Rasanya haru bercampur bahagia. Sekarang listrik sudah kembali menyala, penerangan ke kamar mandi ada, Istri juga bisa kembali memasak,” kata Nahor Lapikoli.

Pria 36 tahun ini adalah salah satu warga korban bencana badai siklon tropis seroja kini sudah bisa menikmati menikmati terang. Warga Desa Kaleb, Kecamatan Pantar Timur, Kabupaten Alor ini atap rumahnya terhempas ganasnya badai yang terjadi akibat badai.

“Sejak Senin, 5 April dini hari lalu, aliran listrik putus karena badai. Paginya pun masih diguyur hujan deras yang mengakibatkan genangan air serta sisa reruntuhan rumah dan atap yang terbuat dari seng berterbangan. Suasana saat itu sangat mencekam dan gelap gulita,” cerita Nahor mengingat kejadian bencana saat itu.

Sementata General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Agustinus Jatmiko menjelaskan bahwa pihaknya mengerahkan kekuatan terbaik yang dimiliki dan mendatangkan tenaga bantuan. Termasuk menghadirkan bantuan dari sukarelawan warga, TNI dan Polri.

Hingga Selasa (27/4) pukul 12.00 Wita, sebanyak 36 ribu pelanggan dan 236 gardu yang terdampak di 14 Kecamatan di Pulau Alor sudah bisa menikmati listrik.

Sementara itu untuk update recovery secara keseluruhan di NTT terhitung pada Kamis (29/4) pukul 08.00 Wita, PLN sudah berhasil memulihkan 3.976 gardu. Karena itu maka listrik telah menyala dan sebanyak 633.558 pelanggan sudah bisa kembali menikmati aliran listrik.

“Kita telah menunjukkan bahwa kita tidak menyerah meskipun badai datang. Sekarang, badai telah berlalu. Mudah-mudahan, kehadiran kembali listrik membuat senyum warga kembali cerah dan perekonomian di wilayah NTT kembali bergairah,” tegas Agustinus Jatmiko. (*/gat)

Komentar Pembaca

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

To Top