Pemkab Manggarai Mulai Vaksinasi Guru, Target Selesai Sebelum Tahun Ajaran Baru | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab Manggarai Mulai Vaksinasi Guru, Target Selesai Sebelum Tahun Ajaran Baru


Plt. Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab Manggarai Mulai Vaksinasi Guru, Target Selesai Sebelum Tahun Ajaran Baru


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Manggarai berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan (Nakes), lalu pelayan publik hingga lansia, kini tengah fokus melaksanakan vaksinasi bagi semua guru di wilayah itu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menargetkan, vaksinasi untuk para guru ini rampung sebelum dimulainya tahun ajaran baru 2021. Data per 27 April 2021, sebanyak 1.131 orang guru dari jenjang TK, SD, SMP, dan jenjang SMA, sudah divaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama.

“Saat ini kita lagi konsentrasi vaksinasi untuk guru, dan sudah dimulai dari Selasa (27/4). Targetnya sebelum tahun ajaran baru, semua guru sudah dapat suntikan vaksin Covid-19,” ujar Plt. Kepala Dinkes (Kadis) Manggarai, Nobertus Burhanus, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (28/4).

Burhanus mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk para guru ini berlangsung di puskesmas terdekat dari masing-masing sekolah. Disebutnya, untuk pelaksanaan vaksinasi yang sedang berlangsung saat ini, baru dilaksanakan di 10 Puskesmas, yakni Puskesmas Kota, Lao, Cancar, Reo, Ketang, Pagal, Watu Alo, Beamese, Bangka Kenda, dan Puskesmas Timung.

Burhanus menyebutkan, ada dua jenis vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Manggarai dan stoknya masih tersedia. Dimana untuk vaksin Sinovac masih tersedia 480 vial, dan vaksin AstraZeneca tersedia 200 vial. Dalam aturanya, satu vial vaksin untuk diberikan kepada 8 orang. Soal ketersedian vaksin hingga pada dosis kedua, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi NTT.

“Vaksin AstraZeneca, sudah mulai disuntikan kepada para guru. Saya memastikan vaksinasi bagi guru berjalan lancar. Kami tentu terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi NTT untuk diteruskan ke pemerintah pusat, terkait ketersedian vaksin hingga pada suntik dosis kedua. Tapi saat ini stok vaksin masih tersedia,” kata Burhanus.

Dikatakan, setelah vaksinasi kepada guru selesai, selanjutnya kepada masyarakat umum. Dimulai dari komunitas adat. Sesuai data, per 27 April 2021, total sasaran vaksinasi di Manggarai, baik nakes, pelayan publik, dan lansia sebanyak 6.775. Target dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenkes RI, total yang harus divaksin sebanyak 50.206 orang.

Burhanus membeberkan, untuk nakes yang sudah menjalani vaksinasi sebanyak 2.373 orang, baik dosis pertama maupun kedua. Bagi lansia yang sudah divaksin sebanyak 739 orang. Secara keseluruhan, baik itu pelayan publik, lansia juga para guru, yang sudah menjalani vaksin sebanyak 3.663 orang.

Pelayan publik yang dimaksud itu terdiri dari TNI sebanyak 208 orang, Polri (221 orang), Kejaksaan (57 orang), ASN (822 orang), dan anggota DPRD (31 orang). Pelayan publik lainnya itu ada 596 orang, tokoh agama (81) orang, sopir dan pedagang (105 orang), pengadilan (52 orang), masyarakat umum (359 orang), dan guru sebanyak 1.131 orang. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top