Total Bantuan Tunai Korban Badai Seroja yang Diterima Posko NTT Capai Rp 6 Miliar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Total Bantuan Tunai Korban Badai Seroja yang Diterima Posko NTT Capai Rp 6 Miliar


PEDULI TANAH LELUHUR. Perwakilan Persatuan TKI Flobamorata di Serawak Sumbang saat menyerahkan bantuan kepada pihak Posko Bencana Siklon Tropis Seroja, Kamis (29/4). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Total Bantuan Tunai Korban Badai Seroja yang Diterima Posko NTT Capai Rp 6 Miliar


Persatuan TKI Asal NTT di Serawak Sumbang Rp 31,5 Juta

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Sebulan sudah masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda bencana siklon tropis Seroja. Bantuan pun terus berdatangan dari pemerintah, swasta maupun organisasi serta batuan individual. Baik secara langsung kepada warga terdampak maupun melalui posko di tingkat kabupaten/kota juga posko Provinsi NTT.

Terhitung hingga Kamis (29/4), jumlah bantuan bertambah dari Rp 4 miliar menjadi kurang lebih Rp 6 miliar. Selain bantuan uang tunai, juga bantuan material dan sembako juga terus berdatangan.

Jubir Posko Bencana Siklon Tropis Seroja Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah peduli dan ingin meringankan beban warga terdampak badai Seroja.

Bantuan tunai terus berubah karena masyarakat diluar NTT terus menyalurkan berkatnya kepada korban dan pihaknya huga terus siap menerima dan proses pendistribusian.

Total bantuan yang masuk hampir Rp 6 miliar sampai dengan Kamis (29/4) sore. Bantuan uang tunai ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat terdampak Seroja namun sebelumnya harus dilakukan pertemuan dengan semua pihak untuk pemanfaatannya.

“Kita akan mengadakan rapat bersama dengan para bupati/wali kota untuk mengusulkan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan kemudian dibelanjakan,” kata Marius.

Selain itu, Marius yang juga Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT menegaskan kepada masyarakat agar tidak perlu ragu dengan bantuan tunai yang masuk itu karena pihaknya akan mengelolanya secara profesional, transparan atau terbuka kepada publik.

“Kami minta masyarakat bersabar karena semuanya tetap terbuka untuk publik dengan tetap menerapkan aturan yang berlaku dan tidak terlepas dari juknis penggunaan anggaran dari Inspektorat dan BPKP,” tuturnya.

Disebutkan bahwa bantuan sembako dan material langsung disalurkan kepada korban mengantisipasi terjadinya kerusakan atau kedaluwarsa. “Untuk sembako dan bahan material kita langsung salurkan ditandai dengan berita acara lengkap, tetapi untuk bantuan tunai memang belum bisa dimanfaatkan karena ada mekanismenya,” imbuhnya.

Koordinator Persatuan TKI Flobamorata Ladang Rimbunan Hijau Balingian, Serawak, Malaysia Timur, Aprianus Usboko sebagai penyumbang uang tunai mengatakan, dia bersama teman-temannya yang bekerja di lahan rimbunan hijau, hanya membutuhkan waktu satu hari untuk mengumpulkan dana sebanyak itu.

“Saya dengan teman-teman bergerak dalam satu hari, yakni bertepatan hari dimana kami terima gaji. Dana yang terkumpul sebanyak Rp 31.500.000 itu hanya khusus di ladang kami saja,” jelas Apri melalui sambungan telepon.

Menurutnya, pekerja di kebun sawit Rimbunan Jaya 50 persen berasal dari Provinsi NTT, sehingga kepedulian dan solidaritas mereka terhadap para korban terdampak siklon Seroja sangat tinggi.

“Kami yang bekerja di lahan ini 50 persen orang NTT, selebihnya itu saudara-saudara kita dari Makassar, Bima, Jawa, dan Sambas. Kami semua bersatu dan donasi untuk ringankan beban seluruh korban yang terdampak siklon Seroja,” ungkap Apri.

Apri berharap, bantuan dana tersebut bisa meringankan beban para korban yang terdampak siklon Seroja beberapa waktu lalu.

“Kami semua di Balingian, Serawak, Malaysia Timur berharap, dengan sedikit donasi yang disalurkan ini bisa meringankan beban saudara-saudara yang terkena badai siklon Seroja,” harapnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top